Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Pengaruhnya Terhadap Kreativitas Siswa pada Materi Laju Reaksi Kelas XI MIA SMAN 9 Kota Jambi

Authors

  • Harizon Harizon Universitas Jambi
  • M. Haris Effendi Universitas Jambi
  • Luluk Lativa Sari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v8i2.5072

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ada disekolah dalam mengembangkan kreativitas siswa. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak terangsang untuk berpikir, bersikap, dan berperilaku kreatif. Penerapan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran learning cycle 5e. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran learning cycle 5e serta pengaruhnya terhadap kreativitas siswa pada materi laju reaksi di kelas XI MIA SMAN 9 Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Deskriptif Korelasional dengan desain concurrent embedded. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru dan siswa serta kreativitas siswa dan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji korelasi product moment. yang selanjutnya dilihat signifikasi pengaruhnya dengan uji t. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh persentase keterlakasanaan model learning cycle 5e oleh guru sebesar 75,00% (baik) dan siswa sebesar 70,31% (baik). Persentase kreativias siswa sebesar 62,43% (cukup baik) dan tes hasil belajar siswa sebesar 70,17% (baik). Hubungan keterlaksanaan model learning cycle 5e dan kreativitas siswa diperoleh rxy= 0,4676 dengan tingkat hubungan pada kategori kuat dan uji t sebesar 3,04, sehingga hipotesis penelitian (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran learning cycle 5e terhadap kreativitas siswa pada materi laju reaksi kelas XI MIA 3 SMAN 9 Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Harizon Harizon, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

M. Haris Effendi, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Luluk Lativa Sari, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Published

— Updated on 2020-06-16

Versions

  • 2020-06-16 (1)
  • (1)

How to Cite

Harizon, H., Effendi, M. H., & Lativa Sari, L. (2020). Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Pengaruhnya Terhadap Kreativitas Siswa pada Materi Laju Reaksi Kelas XI MIA SMAN 9 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 8(2), 57-63. https://doi.org/10.22437/jisic.v8i2.5072