This is an outdated version published on 2016-12-22. Read the most recent version.

Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif pada Tingkat Berpikir Kreatif Siswa untuk Materi Hidrokarbon di Kelas XI MAN Model Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v8i2.5069

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model PjBL dan mengetahui pengaruh antara keterlaksanaan model PjBL terhadap Keterampilan Metakognitif pada tingkat berpikir kreatif siswa di MAN Model Kota Jambi pada pembelajaran hidrokarbon. Desain penelitian ini adalah Quasi-experimental desain dengan jenis penelitian The Non-Equivalent Control Group menggunakan sampel penelitian Purposive Sampling. Data kuantitatif diuji normalitas dan homogenitasnya kemudian dicari hubungan keterlaksanaan model PjBL dan keterampilan metakognitif pada tingkat berpikir kreatif siswa dengan korelasi produk momen. Selanjutnya dilakukan uji-t untuk melihat signifikansi pengaruh keterlaksanaan model PjBL dengan keterampilan metakognisi pada tingkat berpikir kreatif siswa. Keterlaksanaan model PjBL oleh guru dan siswa adalah baik. Data ini berdistribusi normal dan homogen, koefisien korelasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,628, berarti hubungan antara keterlaksanaan model PjBL dengan keterampilan metakognitif pada tingkat berpikir kreatif siswa memiliki tingkat hubungan kuat. Di lihat dari thitung lebih besar dari ttabel (5,294<2,037).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-12-22

Versions

How to Cite

Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif pada Tingkat Berpikir Kreatif Siswa untuk Materi Hidrokarbon di Kelas XI MAN Model Kota Jambi. (2016). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 8(2), 25-38. https://doi.org/10.22437/jisic.v8i2.5069