Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X MIA MAN Model Jambi

Authors

  • Harizon Harizon Universitas Jambi
  • Yusnelti Yusnelti Universitas Jambi
  • Lilis Nopita Sari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v8i1.4976

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model PBL dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Shot Case Study yaitu melakukan pengamatan terhadap guru dan siswa pada tiap pertemuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple purposive sampling. Instrument penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model PBL oleh guru maupun siswa serta lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa. Keterlaksanaan model pembelajaran PBL oleh guru dikategorikan sangat baik dengan rata-rata persentase 87,96% dan siswa 84,59%, serta kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 79% dengan kategori baik. Hasil uji regresi linear menggunakan product moment diperoleh r=0,723 dengan tingkat hubungan pada kategori kuat, nilai signifikansi 0,000<0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji t dengan diperoleh thitung>ttabel (10,152 >2,032) dan nilai signifikansi (Sig.) 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlaksanaan PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X MIA MAN Model Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Harizon Harizon, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Yusnelti Yusnelti, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Lilis Nopita Sari, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Published

2016-01-24 — Updated on 2020-11-23

Versions

How to Cite

Harizon, H., Yusnelti, Y., & Nopita Sari, L. (2020). Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X MIA MAN Model Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 8(1), 40 - 49. https://doi.org/10.22437/jisic.v8i1.4976 (Original work published January 24, 2016)