Implementasi Penggunaan Game Simulation Sebagai Media Chemo- Edutainment dengan Pendekatan Chemo Entrepreneurship untuk Meningkatkan Minat, Life Skill dan Hasil Belajar

Authors

  • Aulia Sanova Universitas Jambi
  • Epinur Epinur Universitas Jambi
  • Afrida Afrida Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v8i1.4974

Abstract

Chemo-Edutainment adalah sebuah konsep pembelajaran kimia yang menarik yang dikemas dengan prosedur permainan serta skenario belajar yang menarik sedangkan CEP merupakan suatu pendekatan pembelajaran kimia yang kontekstual, yaitu pendekatan kimia yang mengaitkan materi yang sedang dipelajari dengan objek nyata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Populasi yang sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa regular Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi yang mengontrak mata kuliah Kimia Dasar pada semester ganjil tahun ajaran 2015 / 2016. Instrument ini digunakan untuk pengambilan data meliputi instrumen tes hasil belajar bentuk uraian, angket pengukuran minat, lembar observasi kecakapan hidup (life skill) dan lembaran isian monitoring aktivitas tahapan pelaksanaan tindakan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan CEP setiap siklusnya dapat meningkatkan hasil belajar, minat, dan life skil mahasiswa pada pokok bahasan Sistim periodik dalam mata kuliah Kimia Dasar. Indikator-indikator yang menunjukkan peningkatan minat adalah meningkatnya kemampuan mengajukan banyak pertanyaan, melihat masalah dari berbagai sudut pandang, memberikan banyak gagasan atau usul terhadap suatu masalah, mengungkapkan gagasan dalam penyelesaian masalah, menyatakan pendapat, mencari dan menganalisis data yang diketahui dalam menyelesaikan masalah, daya imajinasi,dan rasa humor. Sedangkan indikator-indikator yang menunjukkan adanya peningkatan life skill adalah meningkatnya kecakapan diri, sosial, akademik dan vokasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aulia Sanova, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi 36361, Indonesia

Epinur Epinur, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi 36361, Indonesia

Afrida Afrida, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi 36361, Indonesia

Published

2016-01-25 — Updated on 2016-01-25

Versions

How to Cite

Sanova, A., Epinur, E., & Afrida, A. (2016). Implementasi Penggunaan Game Simulation Sebagai Media Chemo- Edutainment dengan Pendekatan Chemo Entrepreneurship untuk Meningkatkan Minat, Life Skill dan Hasil Belajar. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 8(1), 12-23. https://doi.org/10.22437/jisic.v8i1.4974