This is an outdated version published on 2018-04-12. Read the most recent version.

Pengembangan Media Pembelajaran dengan Lectora Inspire Materi Bentuk Molekul untuk Siswa Kelas X IPA SMA N 10 Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v7i2.4854

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Media Pembelajaran Dengan Lectora Inspire Materi Bentuk Molekul Untuk Siswa Kelas X IPA SMA N 10 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan (development), penerapan (implementasi), dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni sepuluh orang siswa kelas X IPA SMA Negeri 10 Kota Jambi. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Validasi masing-masing dilakukan sebanyak dua kali untuk validasi media dan dua kali untuk validasi materi, ahli media diperoleh skor 70 (sangat baik) dan ahli materi diperoleh skor 70 (sangat baik), tanggapan guru diperoleh persentase 93,3% (sangat positif) sehingga multimedia yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Hasil respon siswa kelas X IPA SMAN 10 Kota Jambi diperoleh persentase 89,2% (sangat positif). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media maupun materi dan hasil penelitian, secara keseluruhan disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran ini menarik, efektif, dan layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-04-12

Versions

How to Cite

Pengembangan Media Pembelajaran dengan Lectora Inspire Materi Bentuk Molekul untuk Siswa Kelas X IPA SMA N 10 Kota Jambi. (2018). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 7(2), 18-28. https://doi.org/10.22437/jisic.v7i2.4854