This is an outdated version published on 2018-04-11. Read the most recent version.

Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Asam dan Basa dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Islam Al-Falah Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v7i2.4853

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam dan basa di kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Methodyang merupakan desain pembelajaran yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data serta memadukan antara data kuantitatif dan data kualitatif.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple purposive sampling karena didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu didalam pengambilan sampelnya dan penentuan sampel dengan tujuan tertentu diperolehdi kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen.Instrument penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) oleh guru maupun siswa serta lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa.Keterlaksanaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) oleh guru dikategorikan baik dengan rata-rata persentase 76,52% dan siswa 77,30%, serta kemampuan berpikir kritis siswa sebesar75%dengan kategori baik. Hasil uji regresi linear menggunakan product moment diperoleh r=0,631 dengan tingkat hubungan pada kategori kuat, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan.Selanjutnya dilakukan uji t dengan diperoleh thitung>ttabel (4,459 > 2,042) dan nilai signifikansi (Sig.) 0,00< 0,05. Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlaksanaan modelpembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam dan basa di kelas XI SMAIslam Al-Falah Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-04-11

Versions

How to Cite

Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Asam dan Basa dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. (2018). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 7(2), 12-17. https://doi.org/10.22437/jisic.v7i2.4853