Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ikatan Kimia di Kelas X SMAN 1 Muaro Jambi

Authors

  • Haryanto Haryanto Universitas Jambi
  • Aulia Sanova Universitas Jambi
  • Roslina Turnip Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v7i1.4840

Abstract

Berdasarkan kurikulum 2013, penguatan pola pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa diharapkan mampu mengkonstruksikan pemikirannya sendiri berdasarkan pola pembelajaran berpikir kritis. Salah satu model yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif serta pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia kelas X SMAN 1 Muaro Jambi.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yang sesuai adalah pendekatan campuran (mix method) dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Pada tahapan penelitian campuran ini dipilih dari aspek waktu sequential timing. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji signifikansi dengan uji t.

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw oleh guru memiliki persentase sebesar 76,63% dikategorikan baik, persentase model oleh siswa sebesar 68,39% dikategorikan baik, dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 75,34% dikategorikan baik. Hubungan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kemampuan berpikir kritis diperoleh rxy = 0,7608 dengan tingkat hubungan kuat. Uji signifikansi dilakukan dengan uji t dengan diperoleh thitung  > ttabel (7,613 > 1,691) dengan dk = 33 dan α = 0.05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berjalan dengan baik serta terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia di kelas X MIPA 3 SMAN 1 Muaro Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Haryanto Haryanto, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Aulia Sanova, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Roslina Turnip, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Published

2018-04-09 — Updated on 2018-04-09

Versions

How to Cite

Haryanto, H., Sanova, A., & Turnip, R. (2018). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ikatan Kimia di Kelas X SMAN 1 Muaro Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 7(1), 45-65. https://doi.org/10.22437/jisic.v7i1.4840