This is an outdated version published on 2018-04-06. Read the most recent version.

Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Sistem Koloid untuk Mahasiswa Kimia Dasar II Prodi Pendidikan Kimia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v7i1.4831

Abstract

Dalam mencapai tujuan pembelajaran banyak komponen yang terlibat diantaranya adalah bahan ajar. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. Pengembangan bahan ajar harus dapat memecahkan masalah ataupun kesulitan dalam belajar. Salah satu bahan ajar yang akan dikembangkan adalah berbentuk bahan ajar cetak yaitu modul. Modul berbasis kontekstual, merupakan salah satu pendekatan yang sesuai untuk mengembangkan sebuah modul. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan modul berbasis kontekstual materi koloid untuk mata kuliah kimia dasar II dan (2) Mengetahui respon mahasiswa terhadap modul kontekstual materi koloid untuk mata kuliah kimia dasar II. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. produk yang dikembangkan berupa modul kontekstual materi koloid untuk mata kuliah Kimia Dasar II di prodi pendidikan kimia. Penelitian pengembangan modul kontekstual materi koloid menggunakan model ADDIE. Setelah melakukan validasi oleh ahli media dan materi, telah dinyatakan layak untuk diujicobakan, produk diujicobakan ke dalam kelompok kecil. Hasil respon 10 orang mahasiswa prodi kimia adalah jumlah presentase 86,8%, dengan kriteria : sangat positif. Dari data validasi dan respon mahasiswa dapat disimpulkan bahwa modul berbasis pendekatan kontekstual mempunyai respon sangat positif dari mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-04-06

Versions

How to Cite

Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Sistem Koloid untuk Mahasiswa Kimia Dasar II Prodi Pendidikan Kimia. (2018). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 7(1), 01-18. https://doi.org/10.22437/jisic.v7i1.4831