Efektivitas Penggunaan E-Modul Kimia Dasar Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Mahasiswa pada Materi Termokimia

Authors

  • M. Rezha Mahendra Universitas Tanjungpura
  • Eny Enawaty Universitas Tanjungpura
  • Tulus Junanto Universitas Tanjungpura
  • Rini Muharini Universitas Tanjungpura
  • Ira Lestari Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v15i2.27826

Abstract

[Effectiveness of Using Basic Chemistry E-Modules Based on Problem Based Learning in Improving Students' Problem Solving Ability on Thermochemical Material]

Sebuah e-modul yang valid belum tentu efektif, sehingga diperlukan pengujian untuk mengetahui keefektifan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan e-modul kimia dasar Problem Based-Learning (PBL) pada materi termokimia. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest design. Subjek penelitian adalah 43 mahasiswa semester 1 program studi Pendidikan Kimia Universitas Tanjungpura. Perlakuan yang diberikan adalah penggunaan e-modul kimia dasar berbasis PBL pada bahan termokimia. Teknik pengumpulan data berupa teknik pengukuran dan komunikasi langsung. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 4 soal essay studi kasus dan pedoman wawancara. Analisis efektivitas menggunakan rumus N-Gain dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil kemampuan pemecahan masalah siswa saat pretest 29% (kurang baik) dan saat posttest 85% (sangat baik). Berdasarkan hasil analisis N-Gain diperoleh hasil sebesar 0,79 (tinggi) dengan kategori efektif. Dengan demikian, dapat dikatakan e-modul kimia dasar berbasis PBL efektif.

Kata kunci/keyword: Efektivitas, E-modul, PBL, Termokimia Effectiveness, E-module, PBL, Thermochemistry

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. Rezha Mahendra, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak, 78124, Indonesia

Eny Enawaty, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak, 78124, Indonesia

Tulus Junanto, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak, 78124, Indonesia

Rini Muharini, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak, 78124, Indonesia

Ira Lestari, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak, 78124, Indonesia

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Mahendra, M. R., Enawaty, E., Junanto, T., Muharini, R., & Lestari, I. (2023). Efektivitas Penggunaan E-Modul Kimia Dasar Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Mahasiswa pada Materi Termokimia. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 15(2), 120 - 127. https://doi.org/10.22437/jisic.v15i2.27826