Analisis Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Zuwena Apdolipah Universitas Jambi
  • Yusnaidar Universitas Jambi
  • Fatria Dewi Universitas Jambi
  • Risdalina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v15i1.25413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan korelasinya terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi tindakan mengajar guru, lembar observasi tindakan belajar siswa dan soal tes kemampuan berfikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran terlaksana dengan baik. Hal ini juga ditunjukkan dari persentase keterlaksanaan model oleh siswa yang meningkat selama tiga kali pertemuan berturut turut yaitu 71,08%, 78,22% dan 86,16%.  Skor rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa  sebesar 11,917 dari skor maksimum 15 atau senilai 79,44, berada pada kategori baik. Hasil uji korelasi model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai rxy sebesar 0,56 memiliki tingkat hubungan sedang. Berdasarkan hasil temuan, rekomendasi bagi peneliti selanjutnya yaitu perlu adanya pengenalan dan ujicoba model pembelajaran ini sebelum dilaksanakan penelitian agar siswa dan guru terbiasa dengan model tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zuwena Apdolipah, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Jambi, Indonesia

Yusnaidar, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Jambi, Indonesia

Fatria Dewi, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Jambi, Indonesia

Risdalina, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Jambi, Indonesia

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Apdolipah, Z., Yusnaidar, Y., Dewi, F., & Risdalina, R. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 15(1), 37-47. https://doi.org/10.22437/jisic.v15i1.25413