Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantukan Google Classroom Dimasa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Kimia

Authors

  • Pitnelly Madrasah Aliyah Negeri 1 Muaro Bungo
  • Sri Wahyuni Madrasah Aliyah Negeri 1 Muaro Bungo
  • Edi Elisa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Zurweni Universitas Jambi
  • Affan Malik Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v13i1.14507

Abstract

[Improving Students' Science Literacy Ability Using the Contextual Teaching and Learning Model Assisted by Google Classroom During the Covid-19 Pandemic in Chemistry Subjects]

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dimasa pandemi covid-19 dimana materi pelajaran di sampaikan secara daring melalaui google classroom. Penelitian dilakukan di MAN 1 Muaro Bungo pada materi pelajaran kimia semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA. Desain penelitian yang digunakan yaitu peneltian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Instrumen penelitian berupa soal tes untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa pada mata pelajaran kimia dan lembar observasi untuk mengetahui karateristik siswa serta lembar pengamatan untuk mengetahui apakah guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan desain penelitian. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan pencapaian hasil belajar klasikal. Berdasarkan data penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan literasi sains siswa dan karakter siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus 3 dapat diketahui bahwa hasil belajar kognitif seluruh siswa telah melampaui KKM sebesar 75 sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian berhasil dilaksanakan dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Pitnelly, Madrasah Aliyah Negeri 1 Muaro Bungo

Madrasah Aliyah Negeri 1 Muaro Bungo, Jambi, Indonesia

Sri Wahyuni, Madrasah Aliyah Negeri 1 Muaro Bungo

Madrasah Aliyah Negeri 1 Muaro Bungo, Jambi, Indonesia

Edi Elisa, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha

Zurweni, Universitas Jambi

Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Jambi, Indonesia

Affan Malik, Universitas Jambi

Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi, Indonesia

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Pitnelly, P., Wahyuni, S., Elisa, E., Zurweni, Z., & Malik, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantukan Google Classroom Dimasa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Kimia. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 13(1), 58-65. https://doi.org/10.22437/jisic.v13i1.14507