Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pengembangan RPP Mata Pelajaran Kimia Melalui Pendekatan Saintifik

Authors

  • Lenni Khotimah Harahap Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Sri Rahmania Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v12i2.11072

Abstract

[Analysis of Student Ability in the Development of Chemistry Lesson Plan Through a Scientific Approach]

Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru harus terlebih dahulu mempersiapkan dan merencanakan perangkat pembelajaran yang salah satunya adalah RPP, dimana mahasiswa Pendidikan Kimia Uin Walisongo Semarang sebagai calon guru harus mampu menyusun perangkat pembelajaran sebagai bekal nantinya ketika memasuki dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pendekatan saintifik dalam tahapan kegiatan pembelajaran penyusunan RPP mata pelajaran kimia oleh mahasiswa yang mengambil matakuliah Perencanaan Pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Kimia Uin Walisongo Semarang semester 5 yang mengambil matakuliah Perencanaan Pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini yakni 25 mahasiswa. Instrumen pengumpul data berupa angket analisis pendekatan saintifik penyusunan RPP. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa dari 25 sampel menunjukkan kemampuan pada tahap mengamati yakni 83%, menanya 80%, mengumpulkan informasi 75%, mengasosiasikan/mengolah informasi 76% dan mengkomunikasikan 81 %.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lenni Khotimah Harahap, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Indonesia

Sri Rahmania, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Indonesia

Published

2021-01-02

How to Cite

Harahap, L. K., & Rahmania, S. (2021). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pengembangan RPP Mata Pelajaran Kimia Melalui Pendekatan Saintifik. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12(2), 68-72. https://doi.org/10.22437/jisic.v12i2.11072