Proyek Video Sebagai Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Daring Mata Kuliah Kimia Dasar

Authors

  • Julia Mardhiya Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Hanifah Setiowati Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Lenni Khotimah Harahap Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v12i2.11005

Abstract

[ Video Project As an Alternative Assessment in Learning Basic Chemistry Courses ]

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa dalam penggunaan tugas proyek video sebagai asesmen alternatif pada mata kuliah Kimia Dasar selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari calon guru (N = 80) yang diberikan tugas proyek video untuk menjelaskan materi dan soal-soal pada mata kuliah Kimia Dasar. Di akhir sesi, mahasiswa mengisi kuesioner untuk mengetahui tanggapan mahasiswa mengenai pembelajaran denga tugas proyek video. Wawancara juga dilakukan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon positif pada tugas proyek video memberikan manfaat bagi mahasiswa yaitu mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan, meningkatkan motivasi, dan kemandirian dalam belajar. Selain itu, tugas proyek video ini juga memberikan manfaat dalam kerja tim dan peningkatan keterampilan dalam menggunakan teknologi untuk belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Julia Mardhiya, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

UIN Walisongo Semarang

Hanifah Setiowati, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Department of Chemistry Education Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Lenni Khotimah Harahap, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Department of Chemistry Education Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Published

2021-01-02

How to Cite

Mardhiya, J., Setiowati, H., & Harahap, L. K. (2021). Proyek Video Sebagai Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Daring Mata Kuliah Kimia Dasar. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12(2), 46 - 54. https://doi.org/10.22437/jisic.v12i2.11005