PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL HITAM HIJAU UNTUK PEMANASAN ATLET PEMULA SEPAK BOLA SSB GELORA KARYA KECAMATAN TELANAIPURA

Authors

  • Adhe Saputra Universitas Jambi
  • Ahmad Muzaffar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v7i2.5392

Abstract

Dari sekian banyaknya cabang olahraga yang memiliki unsur ketegangan, bersifat kompetitif dan yang saat ini paling banyak digemari oleh berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia adalah cabang olahraga sepakbola.Proses berlatih terkadang membosankan bagi anak-anak, tidak adanya daya kreatif dan inovatif dari para pelatih membuat anak-anak berhenti berlatih sewaktu-waktu, terkadang sasaran dan tujuan dari berlatih belum tercapai anak-anak sudah berhenti berlatih karena merasakan kebosanan, Salah satunya pada saat melakukan pemanasan, sebelum melakukan olahraga pemanasan diawal adalah sebuah kewajiban agar terhindar dari cedera, salah satunya cedera otot, pada saat melakukan pemanasan cenderung materi yang diberikan monoton contohnya seperti lari keliling lapangan dalam permainan sepakbola.

Dalam upaya menghilangkan rasa kebosanan melakukan pemanasan dalam permainan sepakbola proses latihan bisa dilakukan dengan melalui permainan tradisional salah satunya permainan tradisional hitam hijau karena dalam permainan disamping menyenangkan hati, juga didalamnya banyak unsur gerak, seperti berlari. Oleh karena itu kami akan menyampaikan materi terkait penerapan permainan tradisional hitam hijau untuk pemanasan atlet pemula, sehingga latihan di SSB Gelora Karya kecamatan Telanaipura berdampak pencapaian prestasi sesuai dengan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-04 — Updated on 2018-12-01

Versions

How to Cite

Saputra, A., & Muzaffar, A. (2018). PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL HITAM HIJAU UNTUK PEMANASAN ATLET PEMULA SEPAK BOLA SSB GELORA KARYA KECAMATAN TELANAIPURA. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 7(2), 1-8. https://doi.org/10.22437/csp.v7i2.5392 (Original work published October 4, 2023)

Most read articles by the same author(s)