Model Pembelajaran (Passing) Atas Bola Voli Dengan Pola Pendekatan Bermain PadaPendidikan Jasmani

Authors

  • AHMAD MUZAFFAR UNIVERSITAS JAMBI

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v4i1.2644

Abstract

ABSTRAK

Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran (passing) atas dengan pola pendekatan bermain pada pendidikan jasmani bagi siswa kelas IV SD Negeri 150 Kota Jambi. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang penerapan model pembelajaran dengan pola pendekatan bermain pada pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian  tindakan(Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 150 Kota Jambi, yang berjumlah 30 orang.

Penelitian ini dilakukan dengan enam kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan, siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan memberikan motivasi kepada siswa sesuai rencana dan model pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran (passing) atas bola voli 63,97 atau 60% siswa tuntas. siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus 1 memberikan motivasi kepada siswa sesuai rencana dan model pembelajaran, hasilnya rata-rata 70,92 atau 83% siswa tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran (passing) atas bola voli dengan pola pendekatan bermain hasil belajar   siswa meningkat, (2) Dengan model pembelajaran dengan pola pendekatan bermain siswa  termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

Kata Kunci : Model pembelajaran, (passing) Atas bola voli, Pola Pendekatan Bermain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-03-01 — Updated on 2015-03-01

Versions

How to Cite

MUZAFFAR, A. (2015). Model Pembelajaran (Passing) Atas Bola Voli Dengan Pola Pendekatan Bermain PadaPendidikan Jasmani. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.22437/csp.v4i1.2644