Model Pembelajaran (Passing) Atas Bola Voli Dengan Pola Pendekatan Bermain PadaPendidikan Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.22437/csp.v4i1.2644Abstract
ABSTRAK
Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran (passing) atas dengan pola pendekatan bermain pada pendidikan jasmani bagi siswa kelas IV SD Negeri 150 Kota Jambi. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang penerapan model pembelajaran dengan pola pendekatan bermain pada pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan(Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 150 Kota Jambi, yang berjumlah 30 orang.
Penelitian ini dilakukan dengan enam kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan, siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan memberikan motivasi kepada siswa sesuai rencana dan model pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran (passing) atas bola voli 63,97 atau 60% siswa tuntas. siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus 1 memberikan motivasi kepada siswa sesuai rencana dan model pembelajaran, hasilnya rata-rata 70,92 atau 83% siswa tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran (passing) atas bola voli dengan pola pendekatan bermain hasil belajar  siswa meningkat, (2) Dengan model pembelajaran dengan pola pendekatan bermain siswa termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kata Kunci : Model pembelajaran, (passing) Atas bola voli, Pola Pendekatan Bermain.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2015-03-01 (1)
- 2015-03-01 (1)