PEMBERIAN MATERI MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN PADA TAMAN KANAK-KANAK PAUD RA AL – KHAIRIYAH KOTA JAMBI

  • Ahmad Muzaffar Universitas Jambi
  • Adhe Universitas Jambi
  • ade Universitas Jambi

Abstract

ABSTRAK

Anak usia dini adalah anak yang berumur 0 sampai 6 tahun, yang dimana pada usia ini merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perkembangan dan pembentukkan sikap, perilaku, dan karakter kepribadian pada anak tersebut, Karena usia 0 sampai 6 tahun adalah usia yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat atau disebut dengan masa emas (golden age). Perkembangan motorik kasar merupakan perkembangan jasmani yang melalui kegiatan pada pusat syaraf, dan otot yang terkoordinasi. Pada saat anak berumur 4-5 tahun anak dapat mengendalikan gerakan secara kasar yang melibatkan bagian badan seperti berjalan, berlari melompat dan lain-lain. Taman kanak-kanak Ra al – Khairiyah, motorik kasar anak usia dini belum berkembang baik, kenyataan ini ditunjang pula dari wawancara dengan dua orang guru yaitu adapun motorik kasar anak usia dini dikembangkan dengan menggunakan alat bermain sepeti ayunan, gantungan, prosatan dan lain-lain yang dapat menunjang perkembangan motorik kasar anak usia dini sehingga media permainan yang digunakan disekolah ini juga belum maksimal untuk meningkatkan motorik kasar pada anak usia dini. Perbaikan untuk pelaksanaan, kegiatan, pandangan seperti ini haruslah diadakan guna untuk meningkatkan motorik kasar pada anak usia dini, khususnya pada permainan dengan menggunakan bola karet yang dimodifikasi dari warna dan dibikin suatu permainan lempar tangkap bola dengan berjalan, berlari, dan diam ditempat.

Kata Kunci: Motorik Kasar, Bermain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
Muzaffar, A., Saputra, A., & Setiowati, A. (2019). PEMBERIAN MATERI MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN PADA TAMAN KANAK-KANAK PAUD RA AL – KHAIRIYAH KOTA JAMBI. Cerdas Sifa Pendidikan, 1(2), 9-15. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/csp/article/view/8000