Pelatihan Model Pendekatan Pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) Untuk Atlet Anggar Jambi

Authors

  • Grafitte Decheline Jambi University
  • Fitri Diana Universitas Jambi
  • Sugih Suhartini Universitas Jambi
  • Ade Setiowati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v10i2.15879

Abstract

Teaching Games for Understanding (TGfU) merupakan sebuah model pendekatan yang telah diterapkan di Negara-negara Maju sebagai salah satu sistem pendidikan Jasmani disana. Perkembangan model pendekatan ini di Indonesia belum dapat dikategorikan sebagai model yang membanggakan. Penerapan model pendekatan ini masih sangat minim khusunya di Indonesia. Model Pendekatan TGfU bukan hanya dapat diterapkan di sekolah sebagai permainan pengantar dalam pembelajaran, namun juga digunakan untuk pengantar dalam pelatihan untuk atlet di berbagai cabang olahraga. Hasil dari pelatihan ini adalah antusiasme dari atlet yang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan Pelatihan Model Pendekatan TGfU untuk atlet anggar sangat diterima oleh para atlet. Selain itu, Model Pendekatan TGfU masih belum dikenal secara luas baik oleh atlet, guru maupun pelatih, sehingga masih diperlukan berbagai cara untuk dpaat memasalkan model pendekatan ini. Model Pendekatan TGfU dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dan juga modifikasi teknik dan taktik dalam berbagai cabang olaharaga. Pengabdian berhasil menemukan fakta bahwa dengan menggunakan model pendekatan Teaching Games for Understanding, atlet dapat lebih memahami dan melatih taktik dalam permainan anggar. Hal ini berdasarkan dengan pelatihan yang dilakukan selama berada di lapangan.

Kata Kunci: Anggar, Teaching Games for Understanding

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-14

How to Cite

Decheline, G., Diana, F., Suhartini, S., & Setiowati, A. (2021). Pelatihan Model Pendekatan Pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) Untuk Atlet Anggar Jambi. Cerdas Sifa Pendidikan, 10(2), 103-108. https://doi.org/10.22437/csp.v10i2.15879

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>