Modifikasi Permainan Tradisional Untuk Santri Pondok Pesantren Al Muhajirin, Muara Bulian

Modification of Traditional Games for Santri Al Muhajirin Islamic Boarding School, Muara Bulian

Authors

  • Atri Widowati
  • grafitte decheline Jambi University

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v9i2.10830

Abstract

Permainan tradisional adalah permainan lama yang semakin tergerus oleh waktu. Permainan seru yang membantu untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan anak dalam gerak motoriknya semakin ditinggalkan. Tergantikan dengan kecanggihan dan kemajuan teknologi yang ada di era modern saat ini.

Kesadaran masyarakat dalam melakukan aktivitas sederhana seperti bermain semkain berkurang. Hal inilah yang membuat peneliti ingin memodifikasi beberapa permainan tradisional, menggunakan bahan yang mudah ditemukan, dan permainan sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa pun, di kalangan usia berapa-pun

Dalam penelitian ini digunakan sampel 16 orang santriwati di Pondok Pesantren Al Muhajirin. Di pondok pesantren, kegiatan olahraga yang dilakukan juga tergolong minim. Modifikasi permainan yang akan diberikan, diharapkan dapat memberikan algternatif permainan yang dapat dilakukan oleh santriwan dan santriwati di waktu senggang mereka.

Hasil dari penelitian ini adalah antusiasme dari santriwati yang mengikuti kegiatan ini. Walaupun dengan keterbatasa tempat, dan bahan-bahan yang seadanya dan dapat dimodifikasi kembali oleh para santri. Olahraga meruapakan kegiatan yang dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan dari orang yang melakukan aktivitas tersebut, maka santriwati diharapkan dapat lebih bugar dan terhindar dari segala penyakit.

Penelitian berhasil menyimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan tradisional yang dimodifikasi, antusiasme santriwati terhadap permainan semakin meningkat. Hal ini berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan selama berada di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-02

How to Cite

Widowati, A., & decheline, grafitte. (2020). Modifikasi Permainan Tradisional Untuk Santri Pondok Pesantren Al Muhajirin, Muara Bulian: Modification of Traditional Games for Santri Al Muhajirin Islamic Boarding School, Muara Bulian. Cerdas Sifa Pendidikan, 9(2), 127-133. https://doi.org/10.22437/csp.v9i2.10830