Upaya Meningkatkan Proses Belajar Passing Atas Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.22437/csp.v13i1.27350Keywords:
Passing atas bola voli, Problem based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan proses belajar passing atas bola voli pada siswa SMK Negeri 1 Sarolangun. Model PBL merupakan pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam pemecahan masalah, penelitian mandiri, dan kolaborasi dalam mencari solusi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Proses penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL secara signifikan meningkatkan kualitas proses belajar passing atas bola voli pada siswa SMK Negeri 1 Sarolangun. Proses dari analisis data dalam penelitian dapat dikethui pada pra-siklus, siswa yang tuntas nilai nya sebanyak 11 siswa (36%) dari 30 siswa, dengan nilai rata-rata 70-79 dan 80-100. Setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas nilai nya menjadi 13 siswa (43%) dengan nilai rata-rata 70-79 dan 80-100. Pada siklus II diketahui bahwa semua siswa berproses tuntas nilai nya, dengan perolehan nilai rata-rata 70-79 dan 80-100. Berdasarkan pada proses ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat menuntaskan proses pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan.
Downloads
References
Adriantoni, Syafruddin. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Arifah, Fita Nur. 2017. Panduan Menulis Penelitian Tindakan Kelas & Karya Tulis Ilmiah untuk Guru. Yogyakarta: Araska
Arikunto, S (2010), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara
Aris, Sohimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Barbara L, Viera, Ms. Jill Fergusson, Bonie, Ms (2000). Tingkat Pemula Bola Voli. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Beutestah, Dieter. (2008). Belajar Bermain Bola Volly. Bandung.
Deborah A. Wuest and Charles A. Bucher, (2009)Physical Education, Exercise Science, and Sport, 16th Edition New York: McGraw-Hill Co., Inc.,
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dimyati, J. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media
Dimyati, J. (2016). Pembelajaran Terpadu Untuk Taman Kanak-kanak/ Raudhatul Athfal dan Sekolah Dasar.Jakarta: Prenada Media Group
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ekawati, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 359-372.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
McNiff, Jean. 1992. Action Research: Principles and Practice. London. MacMillan Education Ltd.
Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2009. STRATEGI PEMBELAJARAN Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
Trianto,(2007).Model-model Pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Viera, L. Barbara, Bonnie, Jill, F. (2004). Bola Voli Tingkat Pemula. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Aldi, Ugi Nugraha, Ahmad Muzaffar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.