Survei Penerapan Literasi Visual Sepakbola Terhadap Siswa SMP Negeri 20 Merangin Survei Penerapan Literasi Visual Sepakbola Terhadap Siswa SMP Negeri 20 Merangin
DOI:
https://doi.org/10.22437/csp.v12i2.27131Keywords:
Penerapan, Literasi Visual, SepakbolaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Penerapan Literasi Visual Sepakbola Terhadap Siswa SMP Negeri 20 Merangin. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 20 Merangin kelas VIII berjumlah 20 siswa dan kelas IX berjumlah 29 siswa dengan total jumlah sampel 49 siswa. Berdasarkan hasil analisis data Indikator Pandangan Kritis termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 83%. Pada Indikator Diskriminasi Visual termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 83%. Pada Indikator Konstruksi Makna termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 85%, pada indikator penalaran visual termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 85%, pada indikator berpikir visual termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 85%. Penerapan literasi visual sepakbola terhadap siswa SMP Negeri 20 Merangin termasuk dalam kategori tinggi dengan besaran persentase sebesar 84% yang mana nilai tersebut berada dalam rentang interval antara 81-100%. Disimpulkan bahwa penerapan literasi visual sepakbola terhadap siswa SMP Negeri 20 Merangin termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan besaran persentase sebesar 84%.
 Kata kunci: Penerapan Literasi Visual Sepakbola
Downloads
References
Anggraini, Dian. 2019."Bernalar Kritis Dalam Bersastra: Literasi Visual." Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung. Vol. 1. No. 1.
Astuti, Eny. 2022. Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menumbuhkan Nilai Budi Pekerti Anak." Jurnal Ilmiah Pendidikan, Sejarah, Dan Humaniora 6.2 (2022): 17-24.
Barat, Akhir Dunia. (2017)."Strategi Pelestarian Budaya Melalui Gerakan Literasi Sekolah."
Devianty, Rina. (2019)."Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan." Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya 3.1
Indriyani, Pitri, Eka Yusuf, And Muhammad Ramdhani. (2020): "Konstruksi Makna Perempuan Pergerakan." WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 19.2 (2020): 238-248.
Kurniawan, Ramadhani, And Afi Parnavi. (2023): Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan." Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 2.1 (2023): 184-195.
Mellius Dan Santoso. (2014). Teknik Dasar Bermain Sepak Bola. Yogyakarta: Cakrawala.
Nababan, Gilbert Ricky Martin, Akhmad Dimyati, And Rahmat Iqbal. "Manfaat Media Visual Terhadap Motivasi Siswa Dalam Materi Sepak Bola Di SMP Negeri 1 Teluk Jambe Barat." Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4.6 (2022): 10004-10012.
Novianti, Ertin Dwi. 2020. Pengaruh Tingkat Literasi Baca Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Di Sma Laboratorium Percontohan Upi Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020). Diss. Fkip Unpas,.
Padmadewi, Ni Nyoman, And Luh Putu Artini. 2018. Literasi Di Sekolah, Dari Teori Ke Praktik. Nilachakra,.
Palupi, Aprida Niken, et al. 2020. Peningkatan Literasi Di Sekolah Dasar. Bayfa Cendekia Indonesia,
Rahayu, Sri, And Ady Saputra. (2022): "Pengaruh Media Literasi Visual Dalam Menulis Teks Pada Siswa Kelas Iv Sd Inpres Bungasunggu Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa." Jurnal Borneo Humaniora 5.1 (2022): 40-44.
Saomah, Aas. (2017)."Implikasi Teori Belajar Terhadap Pendidikan Literasi." Medan: Http://Repository. Usu. Ac. Id
Sirate, Sitti Fatimah S., Risky Ramadhana. (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi." Jurnal Inspiratif Pendidikan 6.2 (2017): 316-335.
Ulfiya, Ana. 2019.Kemampuan Penalaran Visual Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Grafik Turunan Fungsi Berdasarkan Gaya Belajar Honey Dan Mumford. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arga Alpin Azka, Palmiza A, Adhe Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.