Pengembangan Model Permainan Tradisional Bentenganterhadap Kualitas Fisik Siswa Sekolah Dasar
Development Of Traditional Game Model Forts For The Physical Quality Of Primary School Students
DOI:
https://doi.org/10.22437/csp.v9i2.10732Abstract
Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengembangan model
permainan tradisional bentengan bagi siswa Sekolah Dasar Negeri 211/XI Muaro Jambi. Selain itu,
penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang:
pengembangan dan penerapan model permainan tradisional bentengan bagi anak kelas V Sekolah Dasar
dan mengetahui efektivitas, efisiensi dan hasil kualitas fisik bagi anak kelas V Sekolah Dasar.
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode
Penelitian pengembangan Research & Development (R & D). Subyek dalam penelitian dan pengembangan
ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 211/XI Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian dan pengembangan ini adalah angket, kuisioner, serta tes kualitas fisik yang digunakan untuk
mengumpulkan data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) uji
coba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model
menggunakan kualitas fisik.
Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan meliputi persiapan sampai pelaporan. Penelitian
menggunakan penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan objek
atau subjek yang diteliti, dengan tujuan menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek
yang diteliti secara tepat. Adapun teknik pengambilan datanya menggunakan tes dan metode yang
digunakan adalah dengan metode survei.
Penelitian ini melibatkan tenaga keolahragaan yang mengerti tentang tes dan pengukuran kebugaran
jasmani atlet.