Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai (Roll Depan) Siswa Sekolah Mengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.22437/csp.v13i2.32396Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar Roll depan .Penelitian menggunakan metode PTK(penelitian Tindakan Kelas) dalam penelitian ini melakukan tindakan terhadap kelas yang dipilih dengan menerapkan model pembelajaran dalam mata pelajaran roll depan Populasi berjumlah 26 orang dari siswa kelas X E3 SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus terdapat perbedaan nilai yang signifikan dimana sebelum diberi tindakan hasil ketuntasan klasikal hanya 61% dari jumlah siswa 26 orang Kemudian setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe jigsaw terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar pada pembelajaran siklus I meningkat menjadi 19 orang dengan ketuntasan klasikal 73% meningkat dari sebelum diberikan tindakan namun karena ketuntasan klasikal belum mencapai 80% yang dimana masih belum mencapai target ketuntasan maka dilanjutkan dengan siklus 2 dan pada siklus II meningkat menjadi 26 orang dengan ketuntasan klasikal 100%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pada pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw meningkatkan persentase ketuntasan belajar secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman dan pelaksanaan praktek peserta didik dalam pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Kooperatif, jigsaw, Roll depan, hasil belajar.
Downloads
References
Agus Mahendra. (2001). Pembelajaran Senam di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi pedagogik guru terhadap efektivitas pembelajaran dengan variabel kontrol latar belakang pendidikan guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 148.
Anwar, K. (2018). Peran sistem penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 41-56. http://dx.doi.org/10.30659/jpai.1.1.41-56
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Besse, A., RiswantoRiswanto, M. P., Heri, A., Ahmad, M. P., & Ahmad, M. P. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Roll Depan Melalui Modifikasi Matras Pada Siswa Smpn 8 Palopo (Doctoral dissertation, UNIVERSITASMUHAMMADIYAHPALOPO).
Dat Tran, Van, and Ramon Lewis. 2012. “The Effects of Jigsaw Learning on Students’ Attitudes in a Vietnamese Higher Education Classroom.” International Journal of Higher Education 1(2). doi: 10.5430/ijhe.v1n2p9.
Dini, J. P. A. U. (2021). Manajemen pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar menyenangkan di masa new normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1566-1576.
Effendi-Hasibuan, Muhammad Haris, Fuldiaratman, Fatria Dewi, Urip Sulistiyo, and Susi Hindarti. 2020. “Jigsaw Learning Strategy in a Diverse Science-Classroom Setting: Feasibility, Challenges, and Adjustment.” Cakrawala Pendidikan 39(3):733–45. doi: 10.21831/cp.v39i3.30634.
Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan efektivtas pembelajaran melalui peningkatan kompetensi pedagogik dan teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843-850.
Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi untuk hasil pembelajaran senam lantai. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137.
Harahap, J. (2016). Pengaruh metode numbered heads together (Nht) dan media Audiovisual terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri 12 Medan (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera Utara).
Hasbillah, M., Herman, H., & Suparman, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Reflection Journal, 1(2), 43-51.
Irawan, A. (2013). Pengaruh regulasi, pembiayaan dan partisipasi masyarakat terhadap efektivitas manajemen sarana prasarana sekolah, dan dampaknya terhadap efektivitas pembelajaran pada sekolah menengah pertama se Kota Sukabumi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 10(1).
Marhadi, H. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipenumbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vd SDN 184 PEKANBARU. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(2), 73-81.
Ningtyas, E. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Make a Match Berbantuan Media Komik Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SD Negeri 01 Tuntang (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Permatasari, D. A., Priyono, B., & Rustiadi, T. (2012). Pembelajaran roll depan menggunakan matras bidang miring untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(2).
Sriwahyuniati, C. F. (2019). Senam Ritmik Dalam Paradigma Era Globalisasi. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 15(2), 67-71.
Sulistiani, H., Rahmanto, Y., Putra, A. D., & Fahrizqi, E. B. (2021). Penerapan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Dalam Menghasilkan Siswa 4.0. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 178-183.
Yunus, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui metode pembelajaran jigsaw di kelas VI SDN 06 indralaya utara. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1), 16-26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Megaria Selvia Br Tarigan, Reza Hadinata, Ely Yuliawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.