PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL HITAM HIJAU TERHADAP KUALITAS FISIK SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 211/IX MUARO JAMBI

Authors

  • grafite dechline Universitas Jambi
  • Reza Hadinata Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v7i2.6228

Abstract

Pendidikan Jasmani sebagai bagian dari salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah. Merupakan materi pokok yang harus diikuti oleh siswa di sekolah. Materi pelajar penjas, lebih, mengutamakan fisik. Menuntut siswa untuk dapat bergerak secara aktif, dan selalu berpartisipasi dalam semua kegiatan di dalam kelas. Berolahraga dapat meningkatkan kebugaran jasmani seseorang. Karena kebugaran jasmani seseorang adalah kemampuan seseornag untuk dapat melakukan aktivitas fisik lainnya selain kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan. Apabila kebugaran jasmani baik, maka dapat dipastikan bahwa seseorang itu dalam kondisi tubuh yang sehat dan fit. Permainan-permainan yang disuguhkan dalam materi penjas merupakan materi permainan yang biasa dilakukan, seperti bola basket, sepakbola, bola voli, lari, kasti dan lain sebagainya. Banyak faktor yang mempengaruhi siswa dalam mengikuti pelajaran di sekolah, terkadang siswa merasa bosan dengan gaya mengajar guru yang monoton dan tidak memiliki variasi dalam pembelajaran. Untuk itulah, diperlukan variasi dalam mengemas sebuah materi pelajaran. Dengan permainan yang disuguhkan, diharapkan kualitas fisik siswa dapat meningkat, sehingga kebugaran siswa juga dapat menjadi lebih baik.

 

Kata Kunci: Pendidikan Jasmani, Permainan Hitam Hijau, Kualitas Fisik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-04 — Updated on 2018-12-01

Versions

How to Cite

dechline, grafite, & Hadinata, R. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL HITAM HIJAU TERHADAP KUALITAS FISIK SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 211/IX MUARO JAMBI. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 7(2), 78-86. https://doi.org/10.22437/csp.v7i2.6228 (Original work published October 4, 2023)