Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Atletik Menggunakan Pendekatan Metode Student Centered Learning (SCL) Model Case Method pada Mahasiswa Porkes FKIP UNJA
DOI:
https://doi.org/10.22437/csp.v10i2.15902Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Atletik melalui pendekatan Metode Student Centered Learning (SCL) Model Case Method. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah pada matakuliah Atletik pada nomor Lompat Jauh. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I PORKES yang berjumlah 36 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian pada diperoleh hasil tes Lompat Jauh pada matakuliah atletik melalui pendekatan Metode Student Centered Learning(SCL) Model Case Method diperoleh ketercapaian pada siklus 1 sebesar 51,3% dengan nilai rata-rata 66,64. Pada siklus 2 terlihat peningkatan hasil belajara sebesar 92,31% dengan rata-rata nilai 76,64. Sehingga dapat disimpukan ada peningkatkan sebesar 41,02 terhadap hasil belajar melalui pendekatan .
Kata Kunci : Atletik, Student Centered Learning