Minat Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur
DOI:
https://doi.org/10.22437/csp.v12i2.26925Keywords:
Minat siswa, Mengikuti Pembelajaran PJOKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 dalam mengikuti pembelajaran PJOK, dalam penelitian ini memberikan angket kuisioner dengan beberapa pertanyaan kepada siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Jumlah populasi  sebanyak  62  orang kemudian  seluruh  populasi  dijadikan  sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Instrumen yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  memberikan  kuisioner  dengan  30 pertanyaan dengan setiap pertanyaan memiliki nilai dan dibagi menjadi faktor intrinsik dan faktor ekstrinsi. Hasil  Penelitian  Berdasarkan  deskriptif kuantitatif  yang dilakukan  pada siswa kelas XI IPS 1 dan Kelas XI IPS 2 dengan jumlah sebanyak 62 orang pada kategori baik sebanyak 60 siswa dengan persentase 96,77% kemudian pada kategori kurang sebanyak 2 siswa dengan persentase sebesar 3,23% dengan demikian berdasarkan faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik pada kategori baik.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki minat yang baik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur.
Kata Kunci : Minat siswa, Mengikuti Pembelajaran PJOK
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi ke VI. Rineka Cipta: Jakarta.
BSNP. (2014). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta. BSNP.
Cai Hadi Prabowo (2021) dengan judul penelitian “Minat Siswa Kelas IV Dan V Dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di Sd Negeri Banyubiru 1 Kecamatan Dukun”
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda.
Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Haditono, S. R. (2013). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.
Hadiwinarto. (2016). Psikologi teori dan pengukuran. Bengkulu: Rahman Rahim
Hasan, F. (2013). Manajemen pendidikan jasmani. Bandung: Alfabeta.
Hurlock, E. B. (2018). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Lutan, R. (2018). Strategi pembelajaran penjas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.
Muhibbinsyah. (2015). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2014). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Rosda Karya.
Penny Puspyanti (2017) dengan judul penelitian “Minat Siswa Kelas IV Dan V Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SD Negeri 1 Godean Yogyakarta”
Rumini, S. (2013). Psikologi Umum. Yogyakarta: FIP UNY.
Rifa’i dan Anni. (2015). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press. Sardiman. (2014). Psikologi Umum. Jakarta: Aksara Basa.
Sholeh, A. A. (2017). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2018). Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT Raja Grafindo. Suryosubroto. (2015). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tedy Andriyanto (2016) dengan judul penelitian “Minat Siswa Kelas IV Dan V Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SDN Sendangharjo Sleman Yogyakarta”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ely Yuliawan, Ilham Ilham, Ahmad Sofyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.