ANALISIS KETERAMPILAN PASSING BAWAH DAN PASSING ATAS PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMA NEGERI 2 KOTA SUNGAI PENUH

Authors

  • Ilham Ilham Universitas Jambi
  • Alek Oktadinata Universitas Jambi
  • Idham Idham Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v8i1.9061

Abstract

Passing bawah dan passing atas merupakan keterampilan dasar bermain bola voli dan faktor yang penting yang harus dikuasai dalam permainan bola voli. Cara yang paling utama untuk mengetahui apakah teknik passing bawah dan passing atas yang dilakukan sudah tepat atau belum salah satunya dengan melakukan analisis keterampilan passing bawah dan passing atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis keterampilan
passing bawah dan passing atas peserta ekstrakurikuler bola voli SMA Ngeri 2 Kota Sungai Penuh. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang menetap dan kesalahan yang terjadi masih mudah untuk dibenarkan. Jenis penelitian adalah deskriptif. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran dengan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh yang berjumlah 19 orang peserta. Teknik sampling menggunakan total sampling atau dengan kata lain sampel keseluruhan yang berjumlah 19 orang peserta. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis keterampilan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh berada pada kategori sangat kurang dengan persentase sebesar 0%, kategori kurang sebesar 5,26%, kategori sedang sebesar 36,84%, kategori baik sebesar 47,37% dan kategori sangat baik sebesar 10,53%. Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 13,263. Hasil penilaian analisis keterampilan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh berada pada kategori baik. Kemudian hasil penilaian analisis keterampilan passing atas peserta ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh berada pada kategori sangat kurang dengan persentase sebesar 0%, kategori kurang sebesar 0,00%, kategori sedang sebesar 57,90%, kategori baik sebesar 42,10% dan kategori sangat baik sebesar 0,00%. Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 12,158, hasil penilaian analisis keterampilan passing atas peserta ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh berada pada kategori sedang.
Kata Kunci: Keterampilan Passing bawah dan Passing Atas Bola Voli

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-11 — Updated on 2019-05-01

Versions

How to Cite

Ilham, I., Oktadinata, A., & Idham, I. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN PASSING BAWAH DAN PASSING ATAS PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMA NEGERI 2 KOTA SUNGAI PENUH. Cerdas Sifa Pendidikan, 8(1), 56-67. https://doi.org/10.22437/csp.v8i1.9061 (Original work published November 11, 2022)

Most read articles by the same author(s)