PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • ELY YULIAWAN UNIVERSITAS JAMBI

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v4i1.2650

Abstract

ABSTRAK

 

Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk lpeningkatan hasil belajar siswa melalui pengembangan model pembelajaran lompat jauh pada Sekolah Dasar kelas V SD Negeri 13 Pagi Duren Sawit Jakarta Timur. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang pengembangan model pembelajaran lompat jauh pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Pengembangan Model. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 13 Pagi duren sawit Jakarta Timur yang berjumlah 39 orang.

Penelitian ini dilakukan dengan 7 langkah, langkah pertama yaitu menentukan sebuah ide-ide yang akan dikembangkan, kedua pembuatan model pembelajaran dengan bentuk rancangan model permainan, ketiga merevisi produk I yang dilakukan oleh ahli bersangkutan, keempat produksi prototype dilakukan dengan memperaktek kan model permainan dilapangan, kelima uji coba prototype, pengujian terhadap subyek lapangan baik dalam uji coba tahap I maupun tahap II lalu direvisi kembali oleh ahli guna menghasilkan produk sempurna, dan terakhir yang ketujuh ialah penyempurnaan produk untuk menuju produk akhir yang diharapkan pengembangan. Dari tahapan-tahapan tersebut maka didapatkan hasil dari penelitian tersebut dengan analisis evaluasi tahap pertama dengan 49 produk dihasilkan total skor responden 484 dengan jumlah total keseluruhan skor responden 588 sehingga dapat dipersentasekan 82.3%, dan berdasarkan analisis evaluasi tahap II dengan menggunakan produk final berjumlah maka dihasilkan total skor responden 459 dan jumlah total keseluruhan skor responden 540, dan persentasenya adalah 85% sehingga memenuhi keriteria Valid.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh dengan permainan,  siswa Sekolah Dasar sangat dibutuhkan oleh para guru pendidikan jasmanis serta mampu meningkatkan belajar secara efektif dan efisien. (2) Dengan model pembelajaran yang telah peneliti kembangkan, siswa lebih termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

 

Kata kunci : Pengembangan model, pembelajaran lompat jauh untuk siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-03-01 — Updated on 2015-03-01

Versions

How to Cite

YULIAWAN, E. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.22437/csp.v4i1.2650