Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas XI TBSM di SMK Negeri 4 Kerinci pada Mata Pelajaran PPKN Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry

Penulis

  • Dian Febrianti -
  • M. Salam Universitas Jambi
  • Heri Usmanto Universitas Negeri Jambi (UNJA)

DOI:

https://doi.org/10.22437/cepj.v1i1.15905

Kata Kunci:

kreativitas, belajar, model pembelajaran, inquiry

Abstrak

Penelitiani iini dilatarbelakangi rendahnya kreativitas belajar siswai kelas XI TBSM di SMK Negeri 4 Kerinci yang diperoleh sebesar 16,90% yang kreatif dalam pembelajaran. Kemudian, dalam kegiatan belajar mengajar guru cenderung tidak mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa, siswa akan sering kali merasa bosan, siswa tidak memiliki pengetahuan selain apa yang disampaikan oleh guru,  siswa sulit mengembangkan pengetahuan yang didapat serta dalam menyampaikan pendapat, ide dan gagasan siswa masih cenderung belum berani.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas XI TBSM pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 4 Kerinci.

Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (action research) yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Prosedur penelitian ini di desain dalam 3 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan dalam 3 (tiga) kali pertemuan. Penelitian itindakan kelas ini memiliki rancangan tindakan 4 (empat) tahap. Berdasarkan temuan yang didapat selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dipaparkan bahwa hasil peningkatan kreativitas belajar siswa pada siklus I dalam penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai persentase kreativitas belajar siswa sebesar 50%. Kemudian dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus II dimana rata-rata nilai persentase kreativitas belajar siswa menjadi 64% yang berarti mengalami peningkatan tetapi belum mencapai KKM, Selanjutnya dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus III dimana nilai rata-rata persentase kreativitas belajar siswa meningkat menjadi 75%. Angka tersebut telah menunjukkan bahwa rata-rata nilai persentase kreativitas belajar siswa telah mencapai kriteria KKM yaitu 75. Kemudian dapat disimpulkan bahwa  penerapan model pembelajaran inquiry di SMK Negeri 4 Kerinci dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas XI TBSM pada mata pelajaran PPKn.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-24