Analisis faktor-faktor penyebab keterlambatan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi) pada mahasiswa prodi PPkn

Penulis

  • Nyi Nawang Sari Universitas Negeri Jambi
  • M. Salam Universitas Jambi
  • Heri Usmanto Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/cepj.v2i2.15903

Kata Kunci:

Faktor penyebab mahasiswa, Keterlambatan menyelesaikan skripsi

Abstrak

 

Abstrak: Keterlambatan mahasiswa menyelesaikan skripsi merupakan permasalahan yang selalu dihadapi mahasiswa pada semester akhir. Selama masa studinya sebagai mahasiiswa untuik mendapaitkan gelar sarjiana, mahasiswa menghadapi pada suatu tugas akhiir skripsii. Skripsi adalah istilah yang digunakan untuk mencirikan suatu karya tulis ilmiah yang disusun dari konsekuensi penelitian sarjana yang berbicara tentang suatu masalah atau kekhasan dalam bidang ilmu tertentu dengan memanfaatkan pedoman yang relevan. mahasiswa yang dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi dipandang siap untuk mengkonsolidasikan wawasan dan kemampuannya dalam memahami, merinci, menggambarkan, dan mengungkapkan masalah yang diidentifikasi dengan kajian ilmiah yang mereka ambil. Namun, ternyata banyak mahasiswa mengalami kendala dalam menyelesaikan skripsi mereka, sehingga banyak mahasiswa menyelesaikan skripsinya melebihi waktu yang ditentukan atau lebih dari empat tahun. 

 

Tujuan dari penelitian iini untuk mengetahui dan mendeskriipsikan tentang faktor-faktor yang menjadi penyebab mahasiswa masih terlambat dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi).

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode peneliitian kualitatiif dengan teknik analisis sumber dan analisis model Miles dan Hubermen. 

Hasili penelitian menunjukkani bahwa faktor yang menyebabkan mahasiswa terlambat dalami menyelesaikani tugas akhir (skripsi) di iprogram studi ipendidikan pancasila dan kewarganegaraan Universitas Jambi idipengaruhi oleh dua ifaktor, yaitu ifaktor internali dan faktor ieksternal. Yang Pertama kurangnya motivasi untuk lulus tepat waktu dan beranggapan bahwa membuat skripsi itu sulit, Yang kedua faktor kecerdasan diri individu (IQ), kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, Yang ketiga faktor eksternal yaitu faktor kurangnya ketersediaan sumber belajar diperpustkaan seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah sebagai sumber refernsi dalam skripsi. Faktor yang keempat yaitu faktor lingkungan teman sebaya atau teman sepermainan. Faktor lain yang juga menjadi pendukung yaitu faktor ekonomi keluarga mengharuskan mahasiswa bekerja mencari uang tambahan dan juga faktor didikan orang tua yang keras yang membuat mahasiswa tertekan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-18