Template:
Tutorial Submit Artikel
Persyaratan standar minimal Jurnal Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan adalah:
Struktur Naskah
Naskah harus disiapkan dan disarankan untuk disajikan mengikuti struktur berikut:
Pedoman Penulisan Naskah Tubuh
Judul naskah. Judul harus informatif dan ditulis secara singkat dan jelas serta tidak mengandung multitafsir. Judul harus sesuai dengan isu yang akan dibahas. Judul artikel tidak boleh mengandung singkatan yang tidak lazim. Gagasan utama harus ditulis terlebih dahulu dan diikuti dengan penjelasannya.
Abstrak : Naskah harus terdiri dari maksimal 150-250 kata dan diikuti oleh lima kata kunci. Abstrak harus memuat tujuan makalah, metode, hasil, dan simpulan. Panjang bagian ini adalah 5%.
Pendahuluan : Pendahuluan harus berisi latar belakang umum dan tinjauan pustaka sebagai dasar pertanyaan penelitian yang baru atau menunjukkan keterbatasan utama dari para peneliti sebelumnya dan menyelesaikannya (analisis kesenjangan). Menunjukkan manfaat ilmiah atau kebaruan dari makalah dan hipotesis. Di bagian akhir pendahuluan, tujuan penulisan artikel harus dinyatakan. Panjang bagian ini adalah 25%.
Metode: Metode ini diterapkan untuk memecahkan masalah, termasuk metode analitik. Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah penelitian dijelaskan pada bagian ini. Panjang bagian ini adalah 10%.
Diskusi dan Hasil: Bagian ini terdiri dari hasil penelitian dan bagaimana mereka dibahas. Hasil yang diperoleh dari penelitian harus didukung oleh data yang memadai. Hasil penelitian dan penemuan harus menjadi jawaban atau hipotesis penelitian yang dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan. Diskusi harus mengeksplorasi signifikansi hasil pekerjaan, tidak mengulanginya. Buat diskusi yang sesuai dengan hasil, tetapi jangan mengulangi hasilnya. Komponen-komponen berikut harus dicakup dalam diskusi: Bagaimana hasil berhubungan dengan pertanyaan awal atau tujuan yang diuraikan di bagian Pendahuluan? Apakah Anda memberikan interpretasi ilmiah untuk masing-masing hasil atau temuan yang disajikan (mengapa)? Apakah hasil Anda konsisten dengan apa yang telah dilaporkan oleh peneliti lain (apa lagi)? Atau apakah ada perbedaan? Panjang bagian ini adalah 50%.
Kesimpulan: Bagian ini merupakan bagian akhir yang berisi simpulan dan saran. Simpulan akan berisi jawaban atas hipotesis, tujuan penelitian, dan temuan penelitian. Simpulan tidak boleh hanya berisi pengulangan hasil dan pembahasan. Simpulan harus berupa ringkasan hasil penelitian seperti yang diharapkan penulis dalam tujuan penelitian atau hipotesis. Saran berisi saran yang terkait dengan gagasan lanjutan dari penelitian. Panjang bagian ini adalah 10%.
Referensi: Semua referensi yang digunakan dalam artikel harus dicantumkan di bagian ini. Harapkan minimal 30 referensi. Di bagian ini, harap minimal 30 referensi dengan 80% berasal dari jurnal internasional bereputasi. Diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Setiap artikel harus memiliki setidaknya sepuluh referensi.
Pedoman Penulisan Sitasi dan Referensi
Semua data atau kutipan dalam artikel yang diambil dari artikel penulis lain harus menjadi sumber rujukan. Referensi harus menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley . Format penulisan yang digunakan dalam Jurnal CEPJ mengikuti format yang diterapkan oleh APA 7th Edition (American Psychological Association ).
Contoh gaya catatan isi
(Steenbrink, 1984:32), Crick (1998)
Contoh Daftar Pustaka
Crick, B. (1998). Pendidikan kewarganegaraan dan pengajaran demokrasi di sekolah . Laporan akhir kelompok penasihat kewarganegaraan . London. http://doi.org/10.1177/014473949901900204
Davies, I., Shirley, IG, & C.Riley. (2003). Kewarganegaraan yang baik dan penyediaan pendidikan . British Educational Research Journal (Vol. 27). London dan New York: Falmer Press dan Taylor & Francis.
De Groot, I. (2011). Mengapa kita belum demokratis: Kompleksitas dalam mengembangkan sikap demokratis. Dalam W. Veugelers (Ed.), pendidikan dan humanisme: menghubungkan otonomi dan kemanusiaan (hlm. 79–94). Rotterdam, Boston, Taipei: Springer Science & Business Media.
Deth, JW van. (2013). Kewarganegaraan dan realitas kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam M. Print & D. Lange (Eds.), Pendidikan kewarganegaraan dan kompetensi untuk melibatkan warga negara dalam demokrasi . Sense Publisher.
Gibson, C., & Levine, P. (2003). Misi kewarganegaraan sekolah . New York.
Johnson, L., & Morris, P. (2010). Menuju kerangka kerja untuk pendidikan kewarganegaraan kritis. Jurnal Kurikulum , 21 (1),. http://doi.org/10.1080/09585170903560444
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY 4.0