This is an outdated version published on 2019-12-01. Read the most recent version.

Pengembangan Buku Ajar Alga pada Mata Kuliah Taksonomi Monera dan Protista Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi

Development of Algae Textbooks in Monera and Protista Taxonomy Subjects for Biology Education Students

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7722

Keywords:

Pengembangan, buku ajar, alga.

Abstract

Alga merupakan salah satu materi yang terdapat dalam mata kuliah Taksonomi Monera dan Protista. Pada materi alga terdapat berbagai kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Oleh karena itu, materi alga pada mata kuliah ini dianggap paling sulit oleh sebagian besar mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Biologi. Ada beberapa alasan materi alga yang diajarkan dianggap sulit. Pertama, kompetensi ataupun sub bagian pokok dari materi alga paling banyak dibandingkan materi lainnya pada mata kuliah Taksonomi Monera dan Protista. Kedua masih kurangnya buku ajar yang dapat dijadikan pegangan mahasiswa maupun dosen dalam proses pembelajaran. Ketiga, buku ajar yang ada merupakan terbitan yang sudah sangat lama, dan konten isi perlu dilakukan dengan penyesuaian kurikulum. Hal ini menyebabkan mahasiswa kurang terlatih dalam membangun pengetahuan mengenai alga, serta proses pembelajaran sering terjadinya kesalahan dalam memahami materi sehingga waktu perkuliahan tidak efisien.Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan Buku Ajar Alga pada Mata Kuliah Taksonomi Monera dan Protista Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi yang layak digunakan bagi mahasiswa Pendidikan Biologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development  (penelitian dan pengembangan). Langkah–langkah dalam memgembangkan buku ajar Alga ini dilakukan dengan mengikuti model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Uji kelayakan meliputi tingkat kevalidan dan kepraktisan terhadap buku ajar yang dikembangkan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini adalah instrumen kevalidan dan kepraktisan. Data dalam penelitian ini berupa data Kuantitatif dan kualitatif. Data pertama berupa hasil validasi buku ajar meliputi aspek materi dan media. Data kedua diperoleh pada pelaksanaan ujicoba. Pada ujicoba ini diambil data berupa respon mahasiswa terhadap buku ajar Alga yang dihasilkan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa dari isi materi maupun media buku ajar berada pada kategori valid dengan masing-masing nilai 3,32 dan 3,33. Sementara itu pada tingkat kepraktisan buku ajar alga yang dikembangkan berada pada kategori sangat praktis dengan nilai 3,8. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar alga yang dihasilkan telah memenuhi tingkat kevalidan dan kepraktisan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Branch, R. M. (2009). Instructional Design the ADDIE Approach. USA: University of Georgia.

Leksono, S. M., Syachruroji, A., & Marianingsih, P. (2015). Pengembangan bahan ajar biologi konservasi berbasis etnopedagogi. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2).

Muliyardi. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Komik di Kelas 1 SD. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Pambudiono, A., Suarsini, E., & Amin, M. (2016). Pengembangan buku ajar bioteknologi berbasis penelitian bioremidiasi logam berat kadmium untuk mahasiswa S1 Biologi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1077-1085.
Prastowo. A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press
Pribadi, A. P., Yuliati, Y., & Cahyo, H. N. (2018). Analisis Miskonsepsi Pada Konsep Sistem Kekebalan Tubuh Dalam Buku Ajar Biologi Sma Di Yogyakarta. Pend. Biologi-S1, 7(2), 160-167.
Primiani, C. N. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Penelitian Bahan Alam Lokal Sebagai Estrogenik pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan.
Ridwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sadikin, A., Saudagar, F., & Muslim, F. (2018). Development of the Biology Textbook of Process Evaluation and Learning Outcome for Students in Biology Education, University of Jambi. BIODIK, 4(2), 83-94.

Sudjana. N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Susanti, D., & Risnanosanti, R. (2019, October). Pengembangan Buku Ajar untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan 4C (Critical, Creative, Collaborative, Communicative) melalui Model PBL pada Pembelajaran Biologi di SMP 5 Seluma. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).
Suwarni. E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Bioedukasi Vol. 6 (2):13-22

Tegeh, M,. Jampel, I.N,. & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Downloads

Published

2019-12-01

Versions

How to Cite

Pengembangan Buku Ajar Alga pada Mata Kuliah Taksonomi Monera dan Protista Bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi: Development of Algae Textbooks in Monera and Protista Taxonomy Subjects for Biology Education Students. (2019). BIODIK, 5(3), 215-224. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7722

Most read articles by the same author(s)