PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PLANTAE DI KELAS X SMA N 10 KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/bio.v3i1.4871Abstract
ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Peer Tutoring terhadap hasil belajar siswa pada materi Plantae. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 10 Kota Jambi, Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil analisis secara statistik menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas control Rata-rata Aspek kognitif kelas eksperimen (80,02) lebih tinggi dibandingkan untuk kelas kontrol (76,86). Pada aspek afektif, hasil belajar siswa kelas eksperimen (85,09) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (80,52). Aspek psikomotor kelas eksperimen rata ratanya adalah (75,89) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (69,27). Berdasarkan uji-t pada aspek kognitif diperoleh Thitung sebesar = 2,9699, afektif sebesar = 5, 07 dan psikomotor sebesar = 4,59. Pada taraf kepercayaan 95% diperoleh Ttabel = 1,98 sehingga hipotesis diterima untuk ketiga aspek tersebut.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2018-04-18 (1)
- 2018-04-18 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).