This is an outdated version published on 2018-04-18. Read the most recent version.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PLANTAE DI KELAS X SMA N 10 KOTA JAMBI

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v3i1.4871

Abstract

ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Peer Tutoring terhadap  hasil belajar siswa pada materi Plantae. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 10 Kota Jambi, Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil analisis secara statistik  menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas control Rata-rata Aspek kognitif kelas eksperimen (80,02) lebih tinggi dibandingkan untuk kelas kontrol (76,86). Pada aspek afektif, hasil belajar siswa kelas eksperimen  (85,09) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (80,52). Aspek psikomotor  kelas eksperimen rata ratanya adalah (75,89) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (69,27). Berdasarkan uji-t pada aspek kognitif diperoleh Thitung sebesar = 2,9699, afektif  sebesar = 5, 07 dan psikomotor sebesar = 4,59. Pada taraf kepercayaan 95% diperoleh Ttabel = 1,98 sehingga hipotesis diterima untuk ketiga aspek tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-18

Versions

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PLANTAE DI KELAS X SMA N 10 KOTA JAMBI. (2018). BIODIK, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.22437/bio.v3i1.4871

Issue

Section

Articles