Pengembangan Magic Disc pada Bahan Taksonomi Hewan Untuk Siswa SMA
Development of Magic Disc on Animal Taxonomy Material For Student of Senior High School
DOI:
https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.4721Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Majalah Biologi Sebagai Media Pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa untuk ujicoba kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari angket validasi ahli media pembelajaran, validasi materi, dan ujicoba kelompok kecil. Jenis data dalam penellitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari angket yang berisi tentang saran untuk perbaikan media sedangkan data kuantitatif diperoleh dari instrument angket tertutup. Hasil pengembangan produk yang sudah dikembangkan divallidasi oleh ahli media dengan persentase 78,75% dengan kategori baik dilakukan 3 kali revisi sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 82,5% dengan kategori sangat baik dengan 2 kali revisi. Pada ujicoba kelompok kecil dilaksanakan kepada siswa kelas X SMA N 7 Kota Jambi yang memperoleh tanggapan 81,80% yang tergolong kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa majalah biologi sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan protista ini layak digunakan pada proses pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2019-12-16 (1)
- 2019-12-16 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).