Analisis Instrumen Tes Pengambilan Keputusan Taksonomi Presseisen dan Abilitas Peserta Didik Menggunakan Model Rasch

(Analysis of the Presseisen Taxonomy Decision-Making Test Instrument and Learners' Abilities Using the Rasch Model)

Authors

  • Asih Triyanti Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Anisyah Yuniarti Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Afandi Afandi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.36941

Abstract

This study aims to determine the quality of the Presseisen taxonomy decision-making test instrument and students' abilities using Rasch analysis. This research method is descriptive with a quantitative approach. The results showed item validity (item fit) and 12 valid questions. The question's difficulty level (item measure) shows that three questions are very difficult, three are complex, four are easy, and two are straightforward. Reliability shows that the Cronbach alpha value is excellent (0.89), the person reliability value is good (0.85), the item reliability value is excellent (0.98)—the person separation value is 2.41, and the item separation value is 6.85. The individual ability level shows a high category of 124 people, a medium of 49 people, and a low of 190 people. The level of individual suitability shows the fit criteria totalling 237 people, misfit 12 people, and outliers 114 people. Based on the analysis results, it can be concluded that the questions are valid and suitable for use.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas instrumen tes pengambilan keputusan taksonomi Presseisen dan abilitas peserta didik menggunakan analisis rasch. Metode penelitian ini deskriptif dengan pedekatan kuatitatif. Hasil penelitian menunjukkan Validitas item (item fit) menunjukkan 12 soal valid. Tingkat kesulitan soal (item measure) menunjukkan 3 soal sangat sulit, 3 soal sulit, 4 soal mudah, dan 2 soal sangat mudah. Reliabilitas menunjukkan nilai alpha cronbach bagus sekali (0.89), nilai person reliability bagus (0.85), dan nilai item reliability istimewa (0.98). nilai person separation 2.41 dan nilai item separation 6.85. Tingkat abilitas individu menunjukkan kategori tinggi berjumlah 124 orang, sedang 49 orang, dan rendah 190 orang. Tingkat kesesuaian individu menunjukkan kriteria fit berjumlah 237 orang, misfit 12 orang, dan outlier 114 orang. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa soal dinyatakan valid dan layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, N., Sudarmin, S., Sumarti, S. S., & Addiani, A. K. (2018). Desain instrumen tes bermuatan etnosains untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2). doi: https://doi.org/10.15294/jipk.v12i2.15475

Ardhani, Y. (2020). Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Di Smk Muhammadiyah Gamping. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 85-94. doi: https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i1.34917

Aprilia, N., Susilaningsih, E., Priatmoko, S., & Kasmui, K. (2020). Desain Instrumen Tes Pemahaman Konsep Berbasis Hot Dengan Analisis Model Rasch. Chemistry in Education, 9(2), 1-8. Diperoleh dari: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined

Budiarti, L., Tarno, T., & Warsito, B. (2013). Analisis Intervensi Dan Deteksi Outlier Pada Data Wisatawan Domestik (Studi Kasus Di Daerah Istimewa YOGYAKARTA). Jurnal Gaussian, 2(1), 39-48. doi: https://doi.org/10.14710/j.gauss.2.1.39-48

Dianty, AP, Supeno, S., & Astutik, S. (2020). Kemampuan pengambilan keputusan siswa SMA dalam pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika , 9 (1), 1-10. doi: http://dx.doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17935

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis kesukaran soal, daya pembeda, dan fungsi distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. Diperoleh dari: https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/115/104

Fitri, S. (2023). Pengaruh model pembelajaran decision making terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA-Biologi materi pokok system gerak pada tumbuhan: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 73-88. Diperoleh darii: https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/1175

Halim, R. A., Zaharim, A., Rashid, R. A., & Masodi, M. S. (2014). Application of Logistic Regression Model in Rasch Measurement to Establish a Performance Index: A Case in Audits on Malaysian Institute of Higher Learning. The 12th WSEAS Int Conf. on Applied Mathematics, Cairo, Eygpt, 29-31 December. doi: https://doi.org/10.5555/1376368.1376424

Kurniawan, U., & Andriyani, K. D. K. (2018). Analisis soal pilihan ganda dengan RASCH Model. Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang, 6(1). Doi: 10.26714/jsunimus.6.1.2018.%25p

Lestari, D., & Setyarsih, W. (2020). Kelayakan instrumen penilaian formatif berbasis literasi sains peserta didik pada materi pemanasan global. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(03), 561-570. doi: https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p561-570

Magdalena, I., Mahromiyati, M., & Nurkamilah, S. (2021). Analisis Instrumen Tes Sebagai Alat Evaluasi Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas II SDN Duri Kosambi 06 Pagi. NUSANTARA, 3(2), 276-287. Diperoleh dari: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1264

Maulana, A. K., & Rochintaniawati, D. (2021). Analisis keterampilan pengambilan keputusan siswa kelas XI SMAN 1 Cihaurbeuti. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(2), 83-89. doi: https://doi.org/10.62159/isej.v2i2.265

Maulana, S., Rusilowati, A., Nugroho, S. E., & Susilaningsih, E. (2023, June). Implementasi rasch model dalam pengembangan instrumen tes diagnostik. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 6, No. 1, pp. 748-757). Diperoleh dari: https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2214

Muntazhimah, M., Putri, S., & Khusna, H. (2020). Rasch model untuk memvalidasi instrumen resiliensi matematis mahasiswa calon guru matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 65-74. doi: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8144

Nurdin, N. N., Raupong, R., & Islamiyati, A. (2014). Penggunaan regresi robust pada data yang mengandung pencilan dengan metode momen. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 10(2), 114-123. doi: https://doi.org/10.20956/jmsk.v10i2.3418

Presseisen, B.Z., 1985. Glossary of Thinking Skill, in A.L. Costa (ed). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking, Alexandria: ASCD. Diperoleh dari: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED257858.pdf

Purniasari, L., Masykuri, M., & Ariani, S. R. D. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMA N 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2022 Menggunakan Model Iteman dan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 205–214. doi: https://doi.org/10.20961/jpkim.v10i2.48244

Rahmasari, Y., Noviekayati, I. G. A. A., & Pratitis, N. T. (2023). Self-Determination and Conformity with Student Career Decision Making: How Are They Related? International Journal of Social and Management Studies, 4(6), 27-32. doi: https://doi.org/10.5555/ijosmas.v4i6.376

Sanjaya, M. S. M., Wahidin, W., & Maryuningsih, Y. (2019). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Entrepreneurship pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa. Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 2(1). Diperoleh dari: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jia/article/view/6272

Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. (2020). Uji validitas dan reliability alat ukur SG posture evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61. doi: https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Sukmawati, D., & Kamarudin, K. (2024). Analisis Tingkat Kesukaran Butir Soal Penilaian Tengah Semester pada Pelajaran PPKn di Kelas V SD Negeri 1 Baadia. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 836-843. doi: https://doi.org/10.35326/prosa.v8i4.5335

Sumintono, B dan Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata Publishing House.

Suwarto.(2021).The Characteristics of Indonesia Second- Semester Final Test for Eight-Grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry. 12(9). Diperoleh dari: https://www.tojqi.net/index.php/journal/article/download/5499/3928/5981

Tyas, E. H., Hamdu, G., & Pranata, O. H. (2020). Analisis soal pilihan ganda dengan menggunakan pemodelan RASCH untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengurutkan bilangan pecahan di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1-12. doi: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.24773

Downloads

Published

2025-03-05

How to Cite

Triyanti, A., Yuniarti, A., & Afandi, A. (2025). Analisis Instrumen Tes Pengambilan Keputusan Taksonomi Presseisen dan Abilitas Peserta Didik Menggunakan Model Rasch: (Analysis of the Presseisen Taxonomy Decision-Making Test Instrument and Learners’ Abilities Using the Rasch Model). BIODIK, 11(1), 46–58. https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.36941