Kelayakan Biocard Pada Submateri Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Indonesia Kelas X SMA

(The Feasibility of Biocards media In learning Sub-Materials on the use of Indonesian Biodiversity in Grade X Senior High School)

Authors

  • Mareta Maryulini Universitas Tanjungpura
  • Syamswisna Syamswisna Universitas Tanjungpura
  • Afandi Afandi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.34803

Abstract

This research aims to measure the feasibility of biocard media in learning the Use of Biodiversity in Indonesia Class X. This research was conducted in the form of qualitative research using descriptive methods. Samples were taken using purposive sampling technique. The research results were implemented into biocard media. The results of data analysis used the Lawshe (1975) method. Biocard media was validated by 5 validators consisting of 2 Biology Education lecturers at FKIP Tanjungpura University and three Biology teachers from SMAN 1 Lumar, SMAN 1 Bengkayang, and SMAN 2 Bengkayang. Based on the average results of the CVR values from 11 criteria, a CVI value of 0.96 was obtained in the valid category, so it can be concluded that the biocard learning media on biodiversity material is suitable for use in the learning process as a learning medium.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kelayakan media biocard pada sub materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Indonesia Kelas X terhadap manfaat tumbuhan obat oleh masyarakat dusun Madi. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis silabus, hasil penelitian diimplementasikan ke dalam media biocard. Biocard diuji dengan lima validator dengan menggunakan skala Likert dan dianalisis dengan menggunakan metode Lawshe (1975). Dua orang dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNTAN dan tiga orang guru Biologi dari SMAN 1 Lumar, SMAN 1 Bengkayang, dan SMAN 2 Bengkayang mengikuti uji kelayakan media. Media biocard memperoleh skor Content Validity Index (CVI) sebesar 0,96 dari lima validator dengan kategori valid dan layak digunakan pada sub materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Indonesia, namun masih perlu diujicobakan ke dalam kelas 

Kata kunci: keanekaragaman hayati, Kelayakan, validasi bahan ajar media biocard. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa .

Ayu, A. (2017). Kelayakan Media Biocard Submateri Tumbuhan Paku (Pteridhopyta) Kelas X SMA Dari Hasil Inventarisasi Tumbuhan Paku Di Kawasan Cagar Alam Mandor Kabupaten Landak. Universitas Tanjungpura: Skripsi Tidak Diterbitkan.

Crowel.T. (1994). The Use Of Biocards For Topical Review. Adirondack Central High School, Rt 294, Boonville, NY 13309. (Online). (Http://Www.Accessexcellence.Org ,Diakses Tanggal 07 Januari 2019).

Daryanto. (2010).

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hartati, A. S. (2019). Kelayakan Flash Card Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Kabupaten Landak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8 (1). DOI: 10.26418/Jppk.V8i1.30857.

Heba. K., S. Y. (2019). Kelayakan Media Biocard Sub Materi Keanekaragaman Hayati Indonesiadi Kelas X Kabupaten Sanggau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1 . DOI: 10.26418/Jppk.V8i1.30857.

Istiani, D. (2012). Penggunaan Media Biocards Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Kelas XI SMA Negeri 8 Cirebon. Skripsi IAN (Online) (Diakses Pada Tanggal 23 Juli 2019).

Jatmika, H. (2005). Pemanfaatan Media Visual Dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 89-99.

Lawshe, C. (1975). A Quantitative Approach To Content Validity.Personnel Psychology, (Online).(Https://Onlinelibrary.Wiley.Com/Doi/Abs/10.1111/J.17446570.Tb01393. Diakses 29 Maret 2020).

Sadiman, A. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudrajat, S. &. (2011). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, & RND). Bandung: Alfabeta.

Susilana, R. &. (2009). Media Pembelajaran :Hakikat Pengembangan Dan Penilaian . Bandung: CV. Wacana Prima.

Susilana, R. &. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Dan Penilaian. . Bandung: CV. Wacana Prima.

T., C. (1994). The Use Of Biocards For Topical Review. Adirondack Central High School, Rt 294, Boonville, NY 13309. (Online). (Http://Www.Accessexcellence.Org ,Diakses Tanggal 07 Januari 2019).

Yamasari. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. (Online). Seminar Nasional Pascasarjanaxits. , (Http://Salamsemangat.Files.Wordpress.Com/2011/05/ Pengembangan Matematika-Berbasis-Tik.Pdf Diakses Tanggal 23 Juni 2020.

Yokhebed, M. R. (2018). . Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Biocard Berbahasa Indonesia Pada Materi IPA-Biologi SMP. Proceeding Biology Education Conference, 260-264.

Yusriana, C. S. (2017). Kelayakan Biocard Sebagai Media Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12). DOI: 26418/Jppk.V6i12.23048.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Maryulini, M. ., Syamswisna, S., & Afandi, A. (2024). Kelayakan Biocard Pada Submateri Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Indonesia Kelas X SMA: (The Feasibility of Biocards media In learning Sub-Materials on the use of Indonesian Biodiversity in Grade X Senior High School). BIODIK, 10(4), 560-570. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.34803