Keterampilan Kolaborasi Siswa Melalui Penerapan Asesmen Autentik Berbantuan Model Cooperative Integrated Reading and Composition Scientific Approach (CIRSA) Pada Konsep Klasifikasi Hewan
(Student Collaboration Skills Through the Implementation of Authentic Assessment Assisted by the Cooperative Integrated Reading and Composition Scientific Approach (CIRSA) Model on Animal Classification Concepts)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.36546Abstract
This research aims to determine students' collaboration skills by applying the Cooperative Integrated Reading and Composition Scientific Approach (CIRSA) model assisted by authentic assessment. The research method used in this research is pre-experimental. The sample for this research is students in class VII A of SMP in Sukabumi Regency for the 2023 academic year /2024. The instrument in this research is an authentic assessment rubric for collaboration skills which includes self-assessment and peer assessment, collaboration skills based on indicators, as well as student responses Sukabumi Regency for self-assessment results is in the very good category with an average score of 87.06%, while for peer assessment it is in the very good category with an average score of 89.00%. The results of collaboration skills based on indicators are in the good category the average score was 78.88%, and the results of the student response questionnaire had an average score of 88.89% in the very good category.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan kolaborasi siswa dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition Scientific Approach (CIRSA berbantuan asesmen autentik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP di Kabupaten Sukabumi tahun ajaran 2023/2024. Instrumen pada penelitian ini berupa rubrik asesmen autentik kemampuan kolaborasi yang meliputi self assessment dan peer assessment, keterampilan kolaborasi berdasarkan indikator, serta respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian menggunakan self assessment dan peer assessment kemampuan kolaborasi siswa kelas VII A SMP di Kabupaten Sukabumi untuk hasil self assessment berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 87,06%, sedangkan untuk peer assessment berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 89,00%. Hasil keterampilan kolaborasi berdasarkan indikator berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 78,88%, serta hasil angket respon siswa nilai rata-rata 88.89% berada pada kategori sangat baik.
Downloads
References
Alifia Kurnia, Sukarmin & Widha Sunarno. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Soal Tes Pilihan Ganda pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), Vol. 04, Nomor 1 September 2021, ISSN 2622-6197, e-ISSN: 2655-4402.
A.F. Suryaning Ati MZ, Rusijono & Suryanti (2021). Pengembangan dan Validasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 5 Nomor 4, 2021.
Akhmad Ulul Albab, (2018). Profil Berpikir Kreatif dan Inovatif Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Open-Ended Tentang Perkebunan Teh. Digital Repository Universitas Jember.
Anggi Fatmadiwi, Hairida, Roby Putra Sartika, Husna Amalya Melati, & Rahmat Rasmawan, (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Konsep Asesmen Autentik untuk Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 4 Nomor 1, 2022. p-ISSN: 2656-8063. e-ISSN: 2656-8071.
Diah Risti Oktaviani, & Harina Fitriyani, (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika. Vol. 3 Nomor 1, 2022, p-ISSN: 2721-8929, e-ISSN: 2721-8937.
Djamahar, R., Ristanto, RH, Sartono, N., Ichsan, IJ, & Muhlisin, A. (2018). CIRSA: Merancang Perangkat Instruksional untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21. Proses Pendidikan: Jurnal Internasional, 7(3), 200-208.
Demmy Deriyanto, & Fathul Qorib, (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tiktok. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol 7 Nomor 2, 2018. ISSN: 2442-6962.
Dewi Ayu W.W, 2023. Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi dan Pengembangan Skill Siswa. Jurnal Penelitian dan Penjamin Mutu. Vol 4 Nomor 1, 2023. e-ISSN: 2723-3731.
Deasyca Yolanda, Aa Juhanda, & Gina Nuranti, 2021. Profil Pelaksanaan Asesmen Secara Daring Dalam Menilai Penguasaan Konsep dan Efikasi Diri Siswa SMA. Jurnal Biotek. Vol 9 Nomor 1, 2021. e-ISSN: 2354-9106; p-ISSN: 2581-1827.
Endah Dwi Setiyawati, Sunardi & Dian Kurniati, 2017. Pengembangan Indikator 4C’s yang Selaras dengan Kurikulum 2013 Pada Materi Pelajaran Matematika SMP/MTS Kelas VIII Semester 2. Jurnal Universitas Jember. Vol. 8 Nomor 3, 2017. p-ISSN: 2085-0662. e-ISSN: 2686-3243.
Fullan, Michael, Joanne Quinn, and Joanne McEachen. Deep learning: Engage the world change the world. Corwin Press, 2017.
Geovanne Farell, Ambiyar, Wakhinuddin Simatupang, M Giatman & Syahril. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring pada SMK dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, Nomor 4, 2021.
Handy A, & Dwi W, 2023. Analisis Pengaruh Bahan Ajar Kimia Berbasis IT Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 10 Nomor 1, 2023. e-ISSN: 2722-4627.
Hilman M. Firdaus, Ari Widodo, & Diana Rochintaniawati. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi. Indonesian Journal of Biology Education, 1(1):21-28.
Hana Rizky Pratiwi, Aa Juhanda, & Setiono, 2020. Analysis Of Student Collaboration Skills Through Peer Assessment Of The Respiratory System Concept. Journal Of Biology Education. Vol 3 No 2, e-ISSN: 2656-3436; p-ISSN: 2615-3947.
Ika Mustika Sari, Evi Sumiati, & Parsaoran Siahaan, 2013. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). Jurnal Pengajaran MIPA. 18(1) (2013): 60-68.
Ibnul M, Rini M, & Enni S.R. 2019. Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Laboratorium Skills Pada Kingdom Fungi. Jurnal Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang. Vol 1 Nomor 1, 2019.
Kagan, S. (1994). Cooperative Learning. Kagan Publishing.
Laurensius Laka, & Jhon Daeng Maeja, (2023). Budaya Membaca Mahasiswa Ditinjau Dari Dukungan Keluarga dan Minat Baca. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 6 Nomor 3, 2023. p-ISSN: 2655-710X, e-ISSN: 2655-6022.
Mahmud Tri Wijayanto, FX Didik Purwosetiyono & Dina Prasetyowati (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Word Problem Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Silogisme, Vol. 6 Nomor 1, 2021.
Meita Dwi Solviana, (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Fitur Gamifisika Daring Di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Journal of Biology Education Research IAIN Metro. Vol. 1 Nomor 1, 2020. p-ISSN: 2272-5070.
Marhaeni, Nurmiati, & Maya E, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Biologi Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 14 Nomor 1, 2022. e-ISSN: 2442-2355; p-ISSN: 2808-361X.
Mutiara S. H, & Khusnul K, S.Pd., M.Pd. 2018. Pengembangan Media Presentasi Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Klasifikasi Makhluk Hidup Materi Kingdom Animalia Kelas VII di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Vol 9 Nomor 2, 2018.
Namira T.S, Lingga N.P, & Elly’s M.M, 2022. Saintifik CIRC Model: Keefektivannya dalam Keterampilan Membaca Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. Vol 3, 2022. ISSN: 2621-8097.
Nuni Fitriarosah, (2016). Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 1 Tahun 2016. ISSN 2528-259X.
Refirman Djamahar, Rizhal Hendi Ristanto, & Ericka Darmawan. (2020). Guru Biologi: Pengetahuan dalam Penilaian Otentik Melalui Kooperatif Pendekatan Ilmiah Berbasis Membaca dan Komposisi Terpadu (Cirsa). Jurnal Sains dan Pendidikan Indonesia, Vol. 4, Nomor 2, 2020 ISSN:2598-5213, e-ISSN: 2598-5205, DOI: 10.31002/ijose.v4i2.258.
Rizhal Hendi Ristanto, Refirman Djamahar, Erna Heryanti, & Ilmi Zajuli Ichsan. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Biologi Siswa melalui Pendekatan Saintifik Berbasis CIRC (Cirsa). Jurnal Universal Penelitian Pendidikan, 8(4A):1-8, 2020. DOI: 10.13189/ujer.2020.081801.
Rochmatul Ummah, & Siti Maghfirotun Amin, (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Tipe “Whats Another Way” Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 7 Nomor 3, 2018. ISSN:2301-9085.
Ramadi, & Siti Nurhalisa, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Aspek Menulis Ringkasan dari Teks Eksplanasi Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Two Stay Two Stray dan Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas 5 SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial. Vol 9 Nomor 1, 2022. ISSN: 2355-8911.
Robinson, K. (2011). Out of Our Minds: Learning to Be Creative (2nd ed.). Capstone Publishing.
Shelfy Rahma Andi Sofian, Wachju Subchan & Sudarti, (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Google Lens Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 11 Nomor 2, 2022. p-ISSN: 2302-738X, e-ISSN: 2614-7785.
Sri Mulyani, 2020. Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa dengan Menggunakan Pembelajaran Cooperative Integrated Reading. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 4 Nomor 2, 2020. ISSN: 2579-7832.
Siti R Adawiyah, 2023. Implementasi Peer-Assessment Sebagai Salah Satu Teknik Penilaian Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol 3 Nomor 3, 2023. e-ISSN: 2808-2699.
Sari, Putri Laura. Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MIS Lamgugob Banda Aceh. Diss. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2018.
Varshandila W Lusiana, 2023. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test di SMP N 5 Magelang. Jurnal Repository Universitas Tidar.
Wiku Aji Sugiri, & Sigit Priatmoko, (2020). Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi dalam Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 4 Nomor 1, 2020. p-ISSN: 2579-625, e-ISSN: 2621-895X.
Widya Aria Ningsih, 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Bentuk Molekul Di SMA. Jurnal Repository Universitas Jambi.
Wagner, T. (2014). The Global Achievement Gap: Why Even Our Best Schools Don’t Teach the New Survival Skills Our Children Need-and What We Can Do About It. Basic Books.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mala Tesla Syahrani, Gina Nuranti, Yeti Susanti, Aa Juhanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).