Development of Ethnobotany E-Modules Based on Local Potential of Noaulu-Maluku Tribe for Senior High School Students
(Pengembangan E-Modul Etnobotani Berbasis Potensi Lokal Suku Noaulu-Maluku untuk Siswa SMA)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v9i4.29407Abstract
Covid-19 menjadi penghambat proses pembelajaran di sekolah, hal tersebut berdampak pada ketersediaan bahan ajar yang digunakan. Guru dituntut untuk mampu menghasilkan bahan ajar elektronik yang menarik dan mudah di pahami siswa serta dapat mengintegrasikan etnosains. Dari wawancara dan observasi yang dilakukan dengan guru SMA Negeri 23 Maluku tengah, ditemukan bahwa masih belum ada bahan ajar secara elektronik yang digunakan saat proses pembelajaran, selanjutnya bentuk dari ketersediaan bahan ajar yang digunakan masih belum mengintergrasikan etnobontani. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan e-modul etnobotani berbasis potensi lokal suku Noaulu-Maluku. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D) dengan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek pada penelitian ini adalah ahli materi ahli media yang berjumlah dan uji coba modul pada siswa kelas XI SMA Negeri 23 Maluku Tengah. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan produk e-modul yang dikembangkan memiliki kualifikasi yang sangat baik dan layak untuk digunakan. Implikasi dengan adanya e-modul etnobotani berbasis potensi lokal suku Noaulu, maka guru dapat menyampaikan pembelajaran dengan lebih mudah dan memahami tentang budaya dan pemanfaatan tumbuh-tumbuhan dalam kehoidupan sekitar sekitar yang dikaji secara sains.
Key words: Ethnobotany, E-Module, Noaulu Tribe
Downloads
References
Buaton, R. A., Sitepu, A., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4066-4074.
Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., & Sasono, M. (2020). Efektivitas e-modul project based learning berintegrasi stem terhadap kreativitas siswa smk. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15.
Duroh, S. N., & Irena, P. L. (2021). Model pembelajaran REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-82.
Dwiyanti, I., Supriatna, A.R., & Marini, A. 2021. Studi Fenomenologi Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Daring Muatan IPA Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume 6, No 1.
Febriana, F.D & Sakti, N.C. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh Kelas X IPS. Jurnal PROFIT. Volume 8. No 1.
Hariani, N. R., Nuswowati, M., & Winarno, W. (2020). Pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan e-modul terhadap pemahaman konsep hidrolisis garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2561-2571.
Haspen, C.D T, Syafriani, Ramli. 2021. Validitas E-Modul SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegritas Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan. Vol 5. No 1 Padang.
Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan canva sebagai e-modul pembelajaran matematika terhadap minat belajar peserta didik. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 127-134.
Lestari, Y., Sutiarso, S., & Sugilar, S. (2022). Pengaruh Bahan Ajar E-Modul Berpendekatan Contextual Teaching Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 23(2), 101-106.
Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas penggunaan e-modul terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem pencernaan manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625-1631.
Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381-386.
Puispasari, R., & Suiryaningsih, T. (2019). Peingeimbangan Buikui Ajar Kompilasi Teiori Graf deingan Modeil Addiei. Jouirnal of Meidiveis : Jouirnal of Matheimatics Eiduication IKIP Veiteiran Seimarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/meidiveisveiteiran.v3i1.702
Setiawan, A.R. 2020. Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2, No 1.
Siburian, J., Sadikin, A., Yusuf, M., & Sembiring, D. A. E. P. (2023). Development of Lesson Study Books Specially in Biology Based on Scientific Approaches. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 8569-8574.
Silalahi, M., & Anggraeni, R. 2018. Studi etnobotani tumbuhan pangan yang tidak dibudidayakan oleh masyarakat lokal Sub-etnis Batak Toba, di Desa Peadungdung Sumatera Utara, Indonesia. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 8(2), 241-250.
Tanjung, I. F., Rohani, R., & Vera, N. M. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran discovery learning berbantuan mini-magz terhadap hasil belajar kognitif Biologi siswa. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 3(2), 335-341.
Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan media pembelajaran permainan kartu uno pada pembelajaran matematika materi satuan panjang.
Yusuf, M., Azizah, N., & Lufri, L. (2023). The Effect Of Student Team Achievement Divisions (Stad) Assisted With Audio Visual Media On The Affective Competency Of Students On Science Learning In Class Vii Junior High School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 11-15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kevin Tamaela, Sahnur Nanuayo, Riske M Sahusilawane, Frangki J. Sinmiasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).