Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Ruang Lingkup Biologi Di SMA Negeri 51 Maluku Tengah

(Application of Problem Based Learning Model to Improve Mastery of Biology Scope Material Concept in SMA Negeri 51 Maluku Tengah)

Authors

  • Hajar Wakano STKIP Gotong Royong Masohi-Maluku Tengah
  • Kevin Tamaela STKIP Gotong Royong Masohi-Maluku Tengah
  • Umar Namakule STKIP Gotong Royong Masohi-Maluku Tengah
  • Kalsum Selehulano STKIP Gotong Royong Masohi-Maluku Tengah
  • Pricilia Sopratu STKIP Gotong Royong Masohi-Maluku Tengah

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.10965

Abstract

Research is based on initial observations that show low mastery of biological concepts. This study aims to improve students' mastery of concepts using a problem-based learning model of biology subject in class X SMA Negeri 51 Maluku Tengah. This research was conducted at SMA Negeri 51 Maluku Tengah for the 2020/2021 school year. The population in this study were students of class X SMA Negeri 51 Maluku Tengah, while the sample was taken at random with a total of 27 students. The data in this study were collected through a multiple choice test instrument. The data collected was then analyzed descriptively and used the Gain Normalization Test to answer the increase. The results obtained indicate the mastery of the concept after learning with the problem based learning model shows that there are changes. The highest score was 100 and the lowest was 80. Meanwhile, the N-gain test results obtained 1.00 in the high category. Thus it can be concluded that the application of the problem based learning model is feasible and can be used to improve students' mastery of concepts.

Abstrak. Penelitian yang dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukkan rendahnya penguasaan konsep biologi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik menggunakan model pembelajaran problem based learning materi ruang lingkup biologi kelas X SMA Negeri 51 Maluku Tengah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 51 Maluku Tengah tahun ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 51 Maluku Tengah, sementara sampel diambil secara Acak dengan jumlah 27 peserta didik. Data dalam penelitian ini dihimpun melalui instrument tes yang berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis deskriptif dan menggunakan Uji Normalisasi Gain untuk menjawab peningkatan. Hasil yang diperoleh menunjukkan penguasaan konsep setelah pembelajaran dengan model problem based learning memperlihatkan adanya perubahan. Skor tertinggi 100 dan terendah 80. Sementara untuk hasil uji N-gain diperoleh 1.00 pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan pengusaan konsep peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akinoglu, O., & Tandogan, R. O. (2007). The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. 12.

Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana Prenada Media Group.

Farisi, A., & Hamid, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. 2(3), 5.

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Sma Negeri Unggul Harapan Persada. 03, 16.

Oja, K. J. (2011). Using Problem-Based Learning in the Clinical Setting to Improve Nursing Students’ Critical Thinking: An Evidence Review. Journal of Nursing Education, 50(3), 145–151. https://doi.org/10.3928/01484834-20101230-10

Ramadhan, M.G. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mengetahui Profil Keterampilan Proses Sains dan Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. Tesis. Bandung: UPI.

Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Ghalia Indonesia.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275

Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2020-12-18 — Updated on 2020-12-18

Versions

How to Cite

Hajar Wakano, Tamaela, K., Umar Namakule, Kalsum Selehulano, & Pricilia Sopratu. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Ruang Lingkup Biologi Di SMA Negeri 51 Maluku Tengah: (Application of Problem Based Learning Model to Improve Mastery of Biology Scope Material Concept in SMA Negeri 51 Maluku Tengah). BIODIK, 6(4), 468-475. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.10965