Pengembangan Buku Ajar Desain Pembelajaran Biologi Berbasis Socio-Eco-Techno-Preneurship

(Development of Socio-Eco-Techno-Preneurship Based Biology Learning Design Textbook)

Authors

  • Nasrul Hakim Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Dwi Kurnia Hayati Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Umi Saputri Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28031

Abstract

This study aims to develop a socio-eco-techno-preneurship-based Biology Learning Design textbook. The development model used in this research is a 4D development model which includes Define, Design, Develop, and Disseminate. The results of the design expert validation obtained a score of 89% included in the very good category. The results of material expert validation obtained a score of 92% of and included in the very good category. The validation of linguists obtained a score of 90% and included in the very good category. The results of the response from the Tadris biology lecturer obtained a score of 85% and included in the very good category. The results of the limited trial to biology tadris students obtained a score of 87.25% and included in the very good category. Based on the research data, it can be concluded that the textbook product developed is suitable for use in the learning process.

Key words: Learning Design, Texbook, entrepneurship

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Desain Pembelajaran Biologi berbasis socio-eco-techno-preneurship. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4 D yang meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor 90% sebesar dan termasuk dalam kategori sangat baik . Hasil validasi ahli desain diperoleh skor 89% termasuk dalam kategori sangat baik. Validasi ahli bahasa diperoleh skor 92% dan termasuk kategori sangat baik. Hasil respon dosen Tadris biologi diperoleh skor 87,5% dan termasuk kategori sangat baik. Hasil ujicoba terbatas kepada mahasiswa tadris biologi diperoleh skor 90% dan termasuk kategori sangat baik. Berdsarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan produk buku ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. 

Kata kunci: Desain Pembelajaran, Buku Ajar, entrepreneurship

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifi, R., & Yulisma, L. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Praktikum untuk Meningkatkan Intensi Berwirausaha Mahasiswa. 12, 17–23. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2127.Received

Ali, N. (2020). MODEL PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS WIRAUSAHA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMANDIRIAN SANTRI Nimim Ali. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 72–79.

Alimah, Siti., Susilo, H. (2012). Desain Pembelajaran Biologi dengan Model Experiental Jelajah Alam Sekitar Melalui Lesson Study. Universitas Negeri Malang.

Bararah, I. (n.d.). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. 131–147.

Farida, E., Djatmika, E. T., Siswoyo, B. B., Witjaksono, M., & Malang, U. N. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN. 1(2012), 8–18.

Fitriah, E. (2020). Implementasi Bioentrepreneurship Pada Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Life skill dan Minat Wirausaha Siswa. Bioedu, 1(2), 1–19.

Gultom, E., Situmorang, M., & Silaban, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Melalui Pendekatan Saintifik Pada Pengajaran Termokimia. Jurnal Kimia Saintek Dan Pendidikan, 7(2), 49–56.

Hayati, Nur., Fitriyah, L. . (2021). Biotechnopreneurship : Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Biodik, 7(1), 62–76.

Hidayat, H., Herawati, S. (2018). Pembelajaran kewirausahaan dengan pendekatan berbasis produksi sebagai alternatif mempersiapkan lulusan berkualitas di pendidikan tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pakar Ke-1, Buku 2, 123–129.

Mujab, Saiful., Nugraheni, D., Winarni, D. . (2019). Penerapan Pembelajaran Bioentreprenurship pada Materi Bioteknologi Kefir. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 02, 227–231.

Mulyani, E. (2014). Developing An Enterpreneurship Education Project-Based. Cakrawala Pendidikan, 23(1), 50–61.

Mustakim. (2013). Kolaborasi Antara Sekolah Dengan Dunia Usaha ( Dunia Industri ) Pada Siswa Smk Negeri 3 Kudus Tahun 2013. Equilibrium, 2(1), 140–156.

Nadzir, M. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 339–352.

Rachmadi, H. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kewirasuahaan Berbasis Potensi dan pengalaman untuk Menciptakan Wirausaha Baru. Media Wisata, 13(1), 204–213.

Setryosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana Prenada MG.

Sihotang, C., & Sibuea, A. M. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual Dengan Tema “Sehat Itu Penting.†Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 169–179. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3293

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Suryaningsih, Y., & Aripin, I. (2020). Ecopreneurship Memanfaatkan Sumber Daya Lokal untuk Meningkatkan Minat Wirausaha dan Literasi Lingkungan. 4(2).

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. 3(02), 183–193.

Suwandi, A. (2013). Model Pembelajaran Enterpreneurship Inovatif di Perguruan Tinggi. Universitas Esa Unggul, 1–18.

Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa Sma Kelas X. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 6(2), 86–92. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v6i2.336

Wardhani, JPK., Riani, A.L., S. (2018). Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek. Prosiding SNPAP.

Yulianti., H. (2014). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Entrepreneurship. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 1(4), 283–290.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Hakim, N., Hayati, D. K. ., & Saputri, U. . (2023). Pengembangan Buku Ajar Desain Pembelajaran Biologi Berbasis Socio-Eco-Techno-Preneurship: (Development of Socio-Eco-Techno-Preneurship Based Biology Learning Design Textbook). BIODIK, 9(3), 50-59. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28031

Most read articles by the same author(s)