Penerapan Strategi Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Saintifik Siswa Dalam Pembelajaran Biologi SMA

(Application of Inquiry Strategy to Improve Students' Scientific Ability in High School Biology Learning)

Authors

  • Nurlailatus Safitri UINSU
  • Putri Prisilia Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Thahara Sumayya Zukarnain Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Pinkan Deviana Khairunnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Indayana Febriani Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19124

Abstract

The purpose of this research is to improve students' scientific ability, by applying inquiry learning strategies in biology learning. This research is in the form of classroom action research with qualitative data analysis. Based on observational data on students' scientific abilities, it is known that in the first cycle for aspects A (asking) and B (observing) all students obtained the "very good" criteria and the "good" criteria with a 100% percentage. Then for aspects of C (gathering information), D (processing information) and E (communication) the number of students who got the "not good" criteria showed a fairly high percentage, namely 86.7% (26 people), 90% ( 27 people) and 73% (22 people). In cycle II there was an increase in every scientific aspect of students, especially in the three aspects that were lacking in cycle I. The number of students who had "good" criteria in the scientific aspects of C (gathering information) and E (communication) amounted to 30 people with a percentage of 100%. As for the scientific aspect D (processing information), 29 students were categorized as "good" or with a percentage of 96.7%.It can be concluded that the increase in students' scientific ability is due to the application of inquiry learning strategies.

Key words: Inquiry, Biology, Ability, Scientific

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan saintifik siswa, dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan analisis datasecera kualitatif. Berdasarkan data hasil observasi terhadap kemampuan saintifik siswa, diketahui bahwa pada siklus I untuk aspek A (menanya) dan B (mengamati) seluruh siswa memperoleh kriteria “sangat baik†dan kriteria “baik dengan persentasi 100%. Kemudian untuk aspek C (mengumpulkan informasi), D (mengolah informasi) dan E (komunikasi) jumlah siswa yang mendapat kriteria “kurang baik†menunjukkan persentase yang cukup tinggi yaitu masing-masing sebesar 86,7% (26 orang), 90% (27 orang) dan 73% (22 orang). Pada siklus II terjadi peningkatan terhadap setiap aspek saintifik siswa, terutama pada ketiga aspek yang kurang pada siklus I. Jumlah siswa yang berkriteria “baik†pada aspek saintifik C (mengumpulkan informasi) dan E (komunikasi) berjumlah 30 orang dengan persentase sebesar 100%. Sedangkan untuk aspek saintifik D (mengolah informasi), sebanyak 29 orang siswa masuk kategori kriteria “baik†atau dengan persentasi sebesar 96,7%. Dapat disimpulkan meningkatnya kemampuan saintifik siswa dikarenakan penerapan strategi pembelajara inkuiri.

Kata kunci: Inkuiri, Biologi, Kemampuan, Saintifik

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustanti, T. H. (2012). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8–15.

Alinus, Endang Uliyanti, K. Y. M. (2014). Penggunaan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas iv. 1–7.

Amal, A., & Basam, F. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 116–123. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1566

Banawi, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 90. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.850

Darmawan, Ericka et al. 2021. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Magelang: Pustaka Rumah C1nta.

Elfida, Yeni. 2017. Penggunaan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Di Kelas IV SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman’, 1(2017), 55–61.

Euis Yuniastuti. (2011). Peningkatan Keterampilan Proses Motivasi, Dan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 BALIKPAPAN. Interakasi Dan Motivasi Belajar-Mengajar, 10, 83.

Fathurrahman, P. (2002). Visi Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Alqalam, 19(95), 5. https://doi.org/10.32678/alqalam.v19i95.460

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2017). Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 165–178. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4878

Fajri Basam et al. 2018. Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri Saintifik. Pancasakti Science Education Journal PSEJ, 3 (1), 1- 8

Fitriyati, Ida dan Munzil. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran IPA SMP. JPPIPA, 1(1), 1–6.

Hosnah, W. M., Sudarti, & Subiki. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan. Chemistry Education Practice, 2(2), 190–195.

Haerani et al. 2020.Pengaruh Model Inkuiri Bebas Terhadap Kemampuan Literasi Sains. J. Pijar MIPA, 15 (2), 140-144.https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1682

Hamruni.2012.Strategi Pembelajaran.Yogyakarta:Insan Mandir.

Haryadi et al. 2015.Desain Pembelajaran Literasi Sains Berbasi Problem Based Learning dalam Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.Journal of Innovative ScienceEducation4 (2), 1-7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/9898

Indriwati, Sri Endah et al. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada Matakuliah Keanekaragaman Hewan Untuk Meningkatkan Kecakapan Komunikasi Dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 9 (2), 38-46. http://dx.doi.org/10.17977/um052v9i2p38-46

Jannah, Fathul. 2013. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Dinamika Ilmu, 13 (2), 161–73. https://doi.org/10.21093/di.v13i2.23 Juliana, Safillah. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 5 Siak Kecil Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 2 (4), 530-539. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v2i4.5694

Lintuman, A., & Wijaya, A. (2020). Keefektifan model pembelajaran berbasis inkuiri ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri dalam belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 13–23. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.17878

Mbari, M. A. F. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil. Http://Ojs.Ikipmataram.Ac.Id/Index.Php/Prismasains/Index Bulan, 6, 94–102.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Nurlailatus Safitri, Saragih, P. P. ., Zukarnain, T. S. ., Khairunnisa, P. D. ., & Tanjung, I. F. . (2022). Penerapan Strategi Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Saintifik Siswa Dalam Pembelajaran Biologi SMA: (Application of Inquiry Strategy to Improve Students’ Scientific Ability in High School Biology Learning) . BIODIK, 8(4), 197-206. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19124

Most read articles by the same author(s)