Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa di MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang

The Effect of Guided Inquiry Learning Model on Critical Thinking and Student Learning Outcomes at MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang

Authors

  • Pitri Fujiani Siregar UIN SUmatera Utara
  • Indayana Febriani Tanjung UIN Sumatera Utara
  • Khairuddin Khairuddin UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.15121

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of guided inquiry learning model in learning ecosystem material biology on critical thinking and cognitive biology learning outcomes of students. The design of this research is the pretest-posttest control group design. The population of this study was class X MIA at MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang, where the sample consisted of 2 classes with a simple random sampling technique. Class X MIA-1 as an experimental class uses a guided inquiry learning model, while class X MIA-2 as a control class uses a conventional learning model. Data collection techniques used observation sheets and written tests, consisting of a pretest posttest totaling 40 questions. Data were analyzed using inferential statistical analysis. Based on the results of critical thinking research, for the t-test it was found that tcount = 26,286 while ttable = 2,002. The results of the study, for the t test, it was obtained that tcount = 22.551 while ttable = 2.002, it means that tcount > ttable then H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion from the results of this study is that there is an influence of the guided inquiry learning model on critical thinking and student learning outcomes at MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang.

Key words: Guided Inquiry, Critical Thinking, Learning Outcomes

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry dalam pembelajaran biologi materi ekosistem terhadap berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi siswa. Desain penelitian ini yaitu pretest-posttest control grup design. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIA di MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang, yang mana sampelnya terdiri dari 2 kelas dengan teknik acak kelas (Simple Random Sampling). Kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran guided inquiry, sedangkan kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis, terdiri dari pretest posttest yang berjumlah 40 soal. Data dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian berpikir kritis,  untuk uji t diperoleh bahwa thitung = 26,286 sedangkan ttabel = 2,002. Hasil belajar, untuk uji t diperoleh bahwa thitung = 22,551 sedangkan ttabel = 2,002, itu berarti bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu ada pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap berpikir kritis dan hasil belajar siswa di MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang.

Kata kunci: Guided Inquiry, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Latif. 2007. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ajwar, Muhamad, Baskoro Adi Prayitno, dan Widha Sunarno. 2015. “Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar ditinjau dari berpikir kritis dan kedisiplinan belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015.†Inkuiri 4 (3): 127–135.

Amin Kuneifi Elfachmi, (terakhir). 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Damayanti, Dyah Shinta, Nur Ngazizah, dan Eko Setyadi Kurniawan. 2013. “Pengembangan lembar kerja siswa (lks) dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi listrik dinamis sma negeri 3 purworejo kelas x tahun pelajaran 2012/2013.†RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 3 (1): 58–62.

Departemen Agama RI. 2007. Al-Qur’an dan Terjemahanya. Bandung: Sygma Creative.

Falahudin, Irham, Indah Wigati, dan Ayu Puji Astuti. 2016. “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran materi pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin.†Bioilmi: Jurnal Pendidikan 2 (2).

Hakim, Lukman. 2016. “Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.†EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2 (1).

Hambali Alman Nasution. 2020. 12 Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: K-Media.

Harjilah, Niki, Rosane Medriati, dan Dedy Hamdani. 2019. “Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika.†Jurnal Kumparan Fisika 2 (2): 79–84.

Hasbiyallah & Sulhan. 2013. Hadis Tarbawi & Hadis Disekolah dan Madrasah. Bandung: Quanta.

Ismail, Safrudin, Mardiah Hi Rahman, dan Nurlaela Muhammad. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X Mia 5 SMA Negeri 1 Kota Ternate.†SAINTIFIK@ 4 (2).

Jurnal, Redaksi Tim. 2018. “Metode Kuantitatif dengan Pendekatan Klasik pada Aplikasi Analisis Butir Soal Sebagai Media Evaluasi Penentuan Soal yang Berkualitas.†Kilat 7 (1): 15–23.

Mulyadi, Mohammad. 2011. “Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya.†Jurnal studi komunikasi dan media 15 (1): 128–137.

Nasution, Hambali Alman, dan Fikri Alwi Nasution. 2020. “Pengembangan Teknik dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi.†Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8 (2): 106–116.

Nasution, Sari Wahyuni Rozi. 2018. “Penerapan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika.†Jurnal Education and Development 3 (1): 1–1.

Nurhudayah, M., Albertus Djoko Lesmono, dan Subiki Subiki. 2017. “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dalam Pembelajaran Fisika SMA di Jember (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis).†Jurnal pembelajaran fisika 5 (1): 82–88.

Nursakinah Daulay. 2019. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Sadia, I. Wayan, dan I. Gede Aris Gunadi. 2019. “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika kelas X IPA SMA Negeri.†Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha 9 (1): 63–74.

Sutama, I. Nyoman, Ida Bagus Putu Arnyana, dan Ida Bagus Jelantik Swasta. 2014. “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap ketrampilan berpikir kritis dan ketrampilan proses sains pada pelajaran biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura.†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 4 (1).

Yeritia, Suci, Wahyudi Wahyudi, dan Satutik Rahayu. 2017. “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Kuripan tahun ajaran 2017/2018.†Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3 (2): 181–187.

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Siregar, P. F., Tanjung, I. F. ., & Khairuddin, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa di MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang: The Effect of Guided Inquiry Learning Model on Critical Thinking and Student Learning Outcomes at MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang. BIODIK, 8(1), 80 - 89. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.15121

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)