Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dikelas XI SMA Hang Tuah Belawan

(Application of the NHT Type Cooperative Learning Strategy to Improve Student Learning Outcomes in Class XI SMA Hang Tuah Belawan)

Authors

  • Yuswitari Pasaribu UINSU
  • Indayana Febriani Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Asahy Syadza Sudarmaji Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annisa Ayu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sarah Ummi Athiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19268

Abstract

Learning results are a portrayal of how understudies grasp the material presented by the educator. Learning results are output values as numbers or letters that understudies get in the wake of getting learning material through a test or test given by the educator. From the learning results, the educator can get data on how far understudies comprehend the material being considered. The objectives of this study hall activity research are, first, to fulfill the tasks of the Classroom Action Research Course. second, to research and implement NHT type cooperative learning strategies in improving understudy learning results. This examination was led at the HANG TUAH BELAWAN SMA school, with the research subjects namely the Principal, Teachers and Students as many as 72 people consisting of 37 men and 35 women, and using 2 classrooms. The sort of exploration use. In this classroom action research, it consists of 2 cycles, 1 cyclec on sists of 2 meetings, if there are 2 cycles, it means  that it consists of 4 meetings. Each cycle comprises of 4 phases, specifically: Planning, Action Implementation, Observation, furthermore, Reflection. The instruments utilized in this study were interviews, perceptions, filling in student worksheets, learning out comes tests (pretest and posttest), and documentatio.

Key words: NNT, learning outcomes, students, intruments

 

ABSTRAK

Hasil belajar merupakan gambaran bagaimana siswa menangkap materi yang disampaikan oleh pendidik. Hasil belajar adalah nilai keluaran berupa angka atau huruf yang diperoleh siswa setelah mendapatkan materi pembelajaran melalui tes atau ulangan yang diberikan oleh pendidik. Dari hasil belajar tersebut, pendidik dapat memperoleh data seberapa jauh pemahaman peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari. Tujuan dari penelitian kegiatan ruang belajar ini adalah, pertama, untuk memenuhi tugas mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas. kedua, meneliti dan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Ujian ini dipimpin di sekolah SMA HANG TUAH BELAWAN, dengan subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru dan Siswa sebanyak 72 orang yang terdiri dari 37 laki-laki dan 35 perempuan, serta menggunakan 2 ruang kelas. Jenis penggunaan eksplorasi. Dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, 1 siklus terdiri dari 2 pertemuan, jika ada 2 siklus berarti terdiri dari 4 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, selanjutnya Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, persepsi, pengisian lembar kerja siswa, tes hasil belajar (pretest dan posttest), dan dokumentasi. 

Kata kunci: NHT, hasil belajar, peserta didik, instrumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, Richard. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Arikunto, S. (2006). Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, Noor. 2007. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dengan Pemanfaatan LKS (Lemba)

Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), hal 62

Fadly, Aditiya. 2012. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)â€. Jurnal.http://fe.um.ac.id/wpcontent/upoads/2012/08/JURNAL1 .pdf. diunduh 27 Desember, 2012.pp 1-

Harini, 2017. Efektivitas Pembelajaran Think-Talk-Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. 1(1), 13 – 22.

Huda, Fatkhan Amirul. (2017). Pengertian Belajar, Prinsip Belajar Dan Hasil Belajar diakses pada 4 Agustusv2019, dan dari http://fatkhan.web.id/pengertia belajar-prinsip-belajar-dan-hasil belajar

Iif Khoiri Ahmadi, dkk., Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP, (Jakarta: Prestasi Pustaka Iskandarwassid dan Dadang Sunendar Strategi Pembelajaran Bahasa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010), h. 5.

Melati, H.A. (2010). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar SiswaSman 1 Sungai http://jurnal.untan.ac.id/index.p p/jvip/article/view/53 pada tanggal 9 Februari 2013.

Mulyana Mulyana, dkk. (2016).Penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan sosialbudaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), hlm. 331-340

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT RemajaRosdakarya,2009), h. 22 Publisher, 2011), h. 39./9Asep Jihad-Abdul Haris, Evaluasi Pembelajaran, (Jakarta: Multi Press), h. 14

Samsidar. (t.t.). Pengunaan modelpembelajaran kooperatif tipe Number HeadTogether(NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD DDI Siboang. Jurnal KreatifTadulakoOnline, 5 (7). 161 175.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010),cet. 5 hal 2

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Supratiknya, A. 2012. Penialian Hasil Belajardengan Teknik Nontes. Yogyakarta : Universitas Sanata Darma.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Pasaribu, Y. ., Tanjung, I. F. ., Sudarmaji, A. S. ., Ayu, A. ., & Athiyah, S. U. . (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dikelas XI SMA Hang Tuah Belawan: (Application of the NHT Type Cooperative Learning Strategy to Improve Student Learning Outcomes in Class XI SMA Hang Tuah Belawan). BIODIK, 9(1), 97-103. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19268

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)