Efektivitas Penggunaan Macromedia Flash pada Perkuliahan Jarak Jauh Sistematika Tumbuhan Rendah Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau Tahun 2021

(The Effectiveness of Using Macromedia Flash in Long Distance Lectures on Low Plant Systematics Biology Education FKIP Riau University in 2021)

Authors

  • Irda Sayuti Universitas Riau
  • Imam Mahadi Universitas Riau
  • Darmawati Darmawati Universitas Riau
  • Nursal Nursal Universitas Riau
  • Harlis Harlis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17406

Abstract

The purpose of this study was to determine the effectiveness of using macromedia flash in the distance lectures for students of the Biology Education Study Program, FKIP University of Riau in 2021. This media application was applied to learning low-level plant systematics (STR) courses. The research was conducted at the Biology Education Study Program, FKIP Riau University, in the even semester of 2021. The object of the research was 35 students of Class A lectures on low-level plant systematics. The research was conducted using the classroom action method, namely applying macromedia flash learning media. The lecture period is divided into 2 rounds where the first round is learning without using macromedia flash media and the second round using macromedia flash. The indicators set in the form of student learning outcomes during lectures and student responses to the use of macromedia flash. The conclusion of the study is that the use of macromedia flash can improve student learning outcomes with an effectiveness ratio of 83% and is considered effective in terms of learning outcomes. Student responses to the application of macromedia flash media are classified as good with a percentage of 79.91%.

Key words: Macromedia flash, Low Plant Systematics, Effectiveness

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Penggunaan macromedia flash pada perkuliahan jarak jauh mahasiswa Program Studi Pendidikan biologi FKIP Univeristas Riau tahun 2021. Aplikasi media ini diterapkan pada pembelajaran mata kuliah sistematika tumbuhan tingkat rendah (STR). Penelitian dilakukan di program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Riau pada semester genap tahun 2021. Objek penelitian adalah mahasiswa Kelas A oerkuliahan sistematika tumbuhan tingkat rendah sebanyak 35 orang. Penelitian dilakukan dengan metode tindakan kelas yaitu menerapkan media pembelajaran macromedia flash. Masa perkuliahan dibagi dalam 2 putaran dimana putaran pertama adalah pembelajaran tanpa penggunaan media macromedia flash dan putaran kedua dengan menggunakan macromedia flash. Indikator yang ditetapkan berupa hasil belajar mahasiswa selama perkuliahan serta respon mahasiswa terhadap penggunaan macromedia flash.. Kesimpulan dari Penelitian diketahui  bahwa penggunaan macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan rasio efektivitas 83% dan tergolong efektif dari segi hasil pembelajaran. Respon mahasiswa terhadap penerapan media macromedia flash tergolong baik dengan presentase 79.91%.

Kata kunci: Macromedia flash, Sistematika Tumbuhan Rendah, Efektivitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candra Surya Raina. 2018. Pemanfaatan Macromedia F lash Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakrta

Fajri, N., Sulastry, T & Hasri. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar (Study Pada Materi Pokok Laju Reaksi). Chemistry Education Review (CER). 1 (2). 29 – 43

Lida, N.Z., Ida, E., Affandi, L.H. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IVB SDN1 Rumak Kecamatan Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education. 1 (2). 44 – 50

Lola, M., Rahmadhani, E., Wahyuni. (2020). Efektivitas Perkuliahan Daring Pada Mata Kuliah Analisis Kompleks Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Assalam. 4 (2). 269 – 283

Meita Rezki Vegatama. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash Dan Powerpoint Pada Pembelajaran Langsung Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X1 Ipa Sma Negeri 2 Sungguminasa (Studi Pada Materi Pokok Asam-Basa). Chemistry Education Journal. 68 – 76

Mufidah, N.L., & Surjanti. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 9 (1). 187 – 198

Mustamid, Raharjo, H. (2015) Pengaruh Efektifitas Multimedia Pembelajaraan Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Invers. Jurnal EduMa. 4 (1). 26 – 41

Muttaqin, R. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sdn 28 Cakranegara Tahun Ajaran 2019/2020. Tesis. Universitas Mataram

Sholiha, A. T. S. (2017). Efektivitas Pembelajaran Geografi Pokok Bahasan Siklus Air Dengan Menggunakan Media Komik Strip Pada Siswa Kelas X Ips Man Purwodadi Arina. Journal Edu Geography, 5(3), 134–141

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alphabeta

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Sayuti, I., Mahadi, I. ., Darmawati, D., Nursal, N., & Harlis, H. . (2022). Efektivitas Penggunaan Macromedia Flash pada Perkuliahan Jarak Jauh Sistematika Tumbuhan Rendah Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau Tahun 2021: (The Effectiveness of Using Macromedia Flash in Long Distance Lectures on Low Plant Systematics Biology Education FKIP Riau University in 2021). BIODIK, 8(1), 175 - 182. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17406

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)