Diseminasi Hasil Budidaya Madu Lebah Bagi Meningkatkan Produktivitas Daya Saing Produk Berbasis E-Commerce Pada Ukm Madu “Dr.Bee” Danau Lamo Kec. Maro Sebo

Authors

  • Dedy Setiawan Universitas Jambi
  • Lucky Enggrani Fitri Universitas Jambi
  • Musnaini Musnaini Universitas Jambi
  • Dahmiri Dahmiri Universitas Jambi
  • Daniel Arsa Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16992

Keywords:

Lebah, Madu, Madu DR.BEE, E-Commerce, UKM

Abstract

Masyarakat lokal di kec. Muaro Sebo di masa pandemic virus covid 19, banyak mencari peluang bagi meningkatkan taraf perekonomian mereka dengan melihat peluang efek dari potensi wisata candi Muaro Jambi. Salah satunya dengan melakukan pembudidayaan madu lebah. UKM Madu DR.BEE yang di pimpin oleh Ibu Asrini yang berlokasi di desa Danau Lamo Kec. Maro Sebo Kab. Muaro Jambi merupakan salah UMKM yang bergerak dalam pembudidayaan lebah madu . Pada saat ini, UKM Madu DR.BEE, tiap bulannya dapat menghasilkan 4 Ton Madu, Harga jual madu untuk 1 KG nya seharga Rp. 70.000,- s/d Rp 100.000,-. Berdasarkan prasurvey dan hasil diskusi dengan pihak mitra, permasalahan-permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra pada saat ini adalah: (1). UKM Madu DR.BEE dalam hal mempromosikan produk-produknya masih mengunakan cara yang sangat sederhana sekali (bersifat Offline) sehingga jangkauan pemasaran tidak begitu luas hanya sebatas di dalam provinsi Jambi saja. Pemasaran produknya yang di lakukan oleh mitra hanya dari mulut ke mulut (word of mouth), belum menggunakan media teknologi berbasis online(E-Commerce) yang dapat dengan mudah membantu dalam memasarkan produknya (2). Mitra UKM Madu DR.BEE membutuhkan pelatihan tentang manajemen pemasaran, manajemen produksi dan permodalan serta pelatihan dalam penggunaan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi untuk digunakan dalam membantu tatakolah manajemen pada mitra dan memasarkan produk-produknya secara online (3). kemasan untuk produk madu yang dimiliki mitra kurang menarik dan kurang higienis. Target dari pengabdian Doktor Berkarya ini adalah bagaimana cara meningkatkan mutu manajemen tata Kelola dan Produktivitas madu yang di miliki oleh Mitra sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan Mitra dan masyarakat yang ada di sekitarnya sesuai dengan apa yang telah dianalisis dan diskusikan dengan pihak mitra secara sederhana. Adapun luaran dari kegiatan pengabdian masayarakat ini adalah Metode dalam tata kelola manajemen bagi meningkatkan Produktivitas Madu serta penyedian kemasan yang higenis dan menarik dan pembuatan teknologi tepat guna berupa Sistem E-Commerce Berbasis web selain itu target pengabdian ini, dalam besinergi dengan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Jambi yaitu Desa Binaan dan Magang. Pengabdian ini dilaksanakan selama 6 bulan yang dimulai dari bulan Mei sampai dengan bulan Oktober 2021. pada tahap awal, tim pengbadian akan melakukan koordinasi dengan mitra untuk mengatur waktu pelaksanaan pengabdian khususnya dalam hal pelaksanaan pelatihan. Setelah kegiatan ini dilaksanakan selanjutnya tim pengabdian bersama-sama memilih bentuk kemasan yang tepat untuk produk madu mitra dan selanjutnya pembuatan aplikasi E-Commerce. Pada saat ini, kegiatan telah melakukan pelatihan, pembuatan web dan pemberiaan bantuan alat pendukung produksi bagi mitra, agar pelaksanaan bengabdian ini benar- benar bermanfaat, tim pengabdian akan melakukan pemantauan terhadap hasil output dari pengabdian ini

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Setiawan, D. ., Enggrani Fitri, L. ., Musnaini, M., Dahmiri, D., & Arsa, D. . (2021). Diseminasi Hasil Budidaya Madu Lebah Bagi Meningkatkan Produktivitas Daya Saing Produk Berbasis E-Commerce Pada Ukm Madu “Dr.Bee” Danau Lamo Kec. Maro Sebo. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 9-18. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16992

Most read articles by the same author(s)