Penerapan Iptek Bagi Peningkatan Kapasitas Dan Kualitas Guru Tk Di Desa Nyogan Melalui Sistem Pembelajaran Berbasis Multimedia

Authors

  • Wirmie Eka Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Indonesia
  • Dedy Setiawan Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi, Indonesia
  • Yuliusman Yuliusman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Indonesia
  • Lucky Enggraini Fitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11569

Abstract

Sistem pembelajaran pada anak-anak memiliki system pembelajaran yang berbeda.  System pembelajarannya bersifat auditori, visual maupun kinestik. Namun pada umumnya anak lebih tertarik belajar mengunakan metode dengan mengunakan multimedia sebagai medianya dikarenakan dengan cara ini lebih mudah bagi mereka untuk cepat memahami serta menarik bagi mereka. Namun pada kenyataanya saat ini masih banyak pendidik masih menggunakan cara-cara lama yaitu mengunakan metode konvensional. Pada saat ini sudah menjadi sebuah tuntutan jika semua sekolah tak terkecuali TK yang menjadi tempat kegiatan pengabdian ini, untuk bisa menggunakan dan memanfaatkan komputer, dalam media pembelajarannya. Dengan semakin meningkatnya jumlah siswanya setiap tahunnya disekolah mitra dan bagi meningkatnya nilai status akreditasinya, perlu adanya perubahan sistem pembelajaran berbasis teknologi di sekolah Mitra tersebut, agar juga kualitas sekolah Mitra berbeda dengan TK-TK lain yang ada di kec. Mestong Kab. Muaro Jambi. Berdasarkan survey dan Hasil studi pendahuluan, ditemukan ada beberapa permasalahan di sekolah mitra, yaitu: Masih Banyak Guru-guru di sekolah mitra belum begitu mengerti dalam pengunaan Komputer khususnya aplikasi-aplikasi Multimedia untuk pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah TK Mitra, Sekolah Mitra pada saat ini belum memiliki infrastruktur TIK yang baik  yaitu media pembelajaran di ruangan kelas seperti Infocus dan Komputer Laptop, Sekolah Mitra saat ini belum memiliki software-software multimedia untuk anak didiknya. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi sekolah mitra tersebut yaitu TK Cahaya Bangsa Desa Nyogan. Kegiatan pengabdian IPTEK  yang akan diberikan adalah 1) Penyuluhan tentang TIK sebagai sarana pembelajaran bagi guru di sekolah mitra, 2) Memberikan bantuan laptop dan infocus sebagai media pendukung pembelajaran, 3) Memberikan aplikasi multimedia untuk sekolah mitra. Tujuan Kegiatan ini dilakukan untuk: meningkatkan kemampuan guru-guru sekolah dan memudahkan guru mengajarkan anak didiknya di sekolah, dan dapat meningkatakan kualitas pembelajaran sekolah mitra ini. Kegiatan pengabdian ini diberikan dalam bentuk pelatihan. Metode yang digunakan adalah: ceramah, tanya jawab, sharing ide, praktik/latihan mengenai cara mengimplementasikan dan memelihara aplikasi multimedia tersebut. Lokasi kegiatan pengabdian diselenggarakan di Sekolah TK Cahaya Bangsa Desa Nyogan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Putra, W. E. ., Setiawan, D., Yuliusman, Y., & Fitri, L. E. (2021). Penerapan Iptek Bagi Peningkatan Kapasitas Dan Kualitas Guru Tk Di Desa Nyogan Melalui Sistem Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 503-513. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11569

Most read articles by the same author(s)