Pengaruh Komitmen Profesional, Motivasi, Kompetensi, Pengalaman Kerja, dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Auditor Pada Inspektorat Kota Jambi

Authors

  • Venty Diwi Afriastuti Mahasiswa
  • Yudi Yudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi - Indonesia
  • Rahayu Rahayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi - Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jar.v4i2.12595

Keywords:

Professional Commitment, Motivation, Competence, Work Experience, Leadership Style, Auditors Performance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen profesional, motivasi, kompetensi, pengalaman kerja, dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja auditor pada Inspektorat Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Objek penelitian adalah komitmen profesional, kompetensi, motivasi, pengalaman kerja, dan gaya kepemimpinan yang merupakan variabel independen, serta kinerja auditor yang merupakan variabel dependen yang dilaksanakan di Kantor Inspektorat Kota Jambi, peneliti ingin mengetahui pengaruh komitmen profesional, kompetensi, motivasi, pengalaman kerja, dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja auditor di Kantor Inspektorat Kota Jambi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan objek penelitian pegawai yang memiliki jabatan fungsional di Inspektorat Kota Jambi. Data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada pegawai yang memiliki jabatan fungsional di Inspektorat Kota Jambi. Kuesioner menyebar ke 46 responden, hanya 40 data dari responden yang dapat dianalisis dan diproses. Adapun pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi berganda dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan komitmen profesional, motivasi, kompetensi, pengalaman kerja, dan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja auditor. Secara parsial komitmen profesional, kompetensi, pengalaman kerja, dan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja auditor, sedangkan motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja auditor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarisi, Q. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Auditor Internal Pemerintah Daerah (Studi kasus pada Inspektorat Kabupaten Sukabumi) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sukabumi).

Andika, Tria dan Martini. 2017. Pengaruh Pengalaman, Kompetensi Profesional, Kecerdasan Intelektual, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan). Jurnal Akuntansi dan Keuangan FEB Universitas Budi Luhur Vol. 6 No. 2 Oktober 2017. ISSN: 2252 7141

Edwy, F. M., & Hasan, A. (2019). Pengaruh Independensi, Motivasi, Komitmen Organisasi, Pengalaman, dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Riau. Pekbis Jurnal, 11(1), 16–29.

Hanna, dan Firnanti, . (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Auditor. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 15(1), 13–28.

Hariyanti, J. N., & Mustikawati, R. I. (2019). Pengaruh Independensi, Kompetensi, Komitmen Organisasi, Pengalaman dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Fakultas Ekonomi, 7(4), 1–21.

Husin, & Umbara, B. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Auditor (Studi pada Inspektorat Kota Kendari). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, UHO, 53(9), 1689–1699.

Insani, W. S. N., Wawo, A. B., & Muntu Abdullah. (2017). Pengaruh Profesionalisme, Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Auditor pada Inspektorat Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan (JPEP), 2, 1–18.

Limbong, L. A. V., Fransiska, N., & Lumban, N. (2019). Pengaruh Independensi, Professionalisme, Tingkat pendidikan dan Pengalaman Kerja terhadap Kiinerja Auditor (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Medan). In Jurnal AKRAB JUARA (Vol. 4, Issue 2, pp. 212–221).

Luh, N., Ratna, P., Lestari, W., Bagus, I., & Astika, Komitmen Organisasi Sebagai Pemoderasi Pengaruh ( Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Bali ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia (Vol. 1, pp. 329–356).

Lestari, Ni Luh Putu Ratna Wahyu; Yadnyana, I Ketut dan Astika, Ida Bagus Putra . 2017. Komitmen Organisasi Sebagai Pemoderasi Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja, Dan Kompetensi Pada Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 6.1 (2017): 329-356 ISSN : 2337-3067

Munawarah, H., & Diantimala, Y. (2016). Pengaruh Motivasi, Diskusi dalam Reviu Audit, Kompleksitas Tugas, dan Tekanan Waktu terhadap Kinerja Auditor (Studi pada Inspektorat Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh). Jurnal Telaah Dan Riset Akuntansi, 9(1), 33–44.

Muliani, Sujana dan Purnamawati, Gusti. 2015. Pengaruh Pengalaman, Otonomi, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Provinsi Bali). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi S1 (Volume 3.No 1 Tahun 2015)

Nuraini, Listiya. 2017. Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik Yogyakarta Dan Solo). Jurnal Profita Edisi 2 Tahun 2017

Prasetya, Fandi. 2019. Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Skeptisisme Profesional terhadap Kualitas Kinerja Auditor Inspektorat Kabupaten. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, Vol.08, No.02, Tahun 2019.

Putri, riana rantika dwi, Isny, rizki septiandre, & Prasanti, D. (2019). Pengaruh Kompetensi, Indepedensi, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Auditor pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (Bpkp) Perwakilan Sumatera Utara. In Akrab Juara (Vol. 4, Issue 2, pp. 1–14).

Rahayu, N. M. M. S., & Badera, i D. N. (2017). Pengaruh Locus of Control Internal , Motivasi Kerja , Gaya Kepemimpinan Transformasional , Komitmen Made Mas Sendhi Rahayu 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Fakultas Ekon. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19, 2378–2406.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, E. (2012). Pengaruh kompetensi, motivasi, kesesuaian peran dan komitmen organisasi terhadap kinerja auditor internal Inspektorat Pemerintah Kabupaten (Studi pada Kantor Inspektorat Kabupaten Badung dan Buleleng). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 2(1).

Wijaya, O., & Wahyono, M. A. (2018). Pengaruh Profesionalisme, Independensi, Budaya organisasi, Motivasi, Serta Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada Kantor Inspektorat Pemerintah Eks Karesidenan Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yadnya, I. P. P. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Pada Kinerja Auditor Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 2017(1), 973–999.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Venty Diwi Afriastuti, Yudi, Y., & Rahayu, R. (2024). Pengaruh Komitmen Profesional, Motivasi, Kompetensi, Pengalaman Kerja, dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Auditor Pada Inspektorat Kota Jambi. Jambi Accounting Review (JAR), 4(2), 141-157. https://doi.org/10.22437/jar.v4i2.12595

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>