ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SERAPAN ANGGARAN BELANJA OPD DI PROVINSI JAMBI TAHUN 2018-2019 DENGAN SILPA SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Authors

  • Nadira Indah WT Alumni Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Tahun 2021
  • Yudi Yudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Andi Mirdah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jar.v2i3.17286

Keywords:

Serapan Anggaran, Regulasi Keuangan Daerah, Proses Pengadaan Barang dan Jasa, Lingkungan Birokrasi, Komitmen Organisasi

Abstract

Anggaran memiliki fungsi sebagai alat perencanaan, alat pengendalian, dan sebagai alat kebijakan fiskal. Serapan anggaran dalam hal ini adalah kemampuan Pemda untuk merealisasikan sejumlah anggaran yang sudah ditetapkan bersama lembaga legislatif (DPRD) di dalam APBD yang dinyatakan dalam skala ordinal.

Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh regulasi keuangan daerah, proses pengadaan barang dan jasa, lingkungan birokraasi, dan komitmen organisasi terhadap serapan anggaran dengan SILPA sebagai variabel moderating di Provinsi Jambi.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknit statistik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 41 pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jambi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan instrumen kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis linear berganda untuk menganalisis statistik dan model regresi yang sebelumnya  telah diuji dalam uji asumsi klasik sedangkan untuk pengujian variabel moderating menggunakan uji residual.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi keuangan daerah, proses pengadaan barang dan jasa, lingkungan birokrasi, dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh positif terhadap serapan anggaran OPD pada Pemerintah Provinsi Jambi yang artinya ketika regulasi keuangan daerah, proses pengadaan barang dan jasa, lingkunga birokrasi, dan komitmen organisasi maka variabel-variabel tersebut akan mampu meningkatkan serapan anggaran. Hasil penelitian ini menunjukan variabel regulasi keuangan daerah berpengaruh positif terhadap serapan anggaran OPD di Provinsi Jambi. Sedangkan Variabel proses pengadaan barang dan jasa, lingkungan birokrasi, dan komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap serapan anggaran OPD di Provinsi Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arniwita, Agus Santoso, Endah Tri Kusuma, dan Ahmad Soleh. 2019. Dampak Penyerappan Anggaran Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah ( Studi Kasus di Provinsi Jambi). Jambi. Universitas Muhammadiyah Jambi.

Eisenstadt, S. N. 1959. Bureaucracy, Bureaucratization, and Debureaucratization. Administrative Science Quarterly, 302-320.

Handayani, CH. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Serapan Anggaran SKPD di Provinsi Sumatra Utara Tahun 2014-2015 (Tesis). Medan. Universitas Sumatra Utara.

Heriyanto, Hendry. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Penyerapan Anggaran Belanja pada Satuan Kerja Kementrian/Lembaga di Wilayah Jakarta (Tesis). Jakarta. Universitas Indonesia.

Kuncoro, Mudrajad. 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Edisi 4. Jakarta; Erlangga.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Nordiawan, Deddi dan Ayuningtyas Hertianti. 2014. Akuntansi Sektor Publik. Jakarta : Selamba Empat.

Priatno, Prasetyo Adi. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran pada Satuan Kerja Lingkup Pembayaran KPPN Blitar. Malang. Universitas Brawijaya.

Repubik Indonesia. Menurut Peraturan Mentri Keuangan Nomor 8 Tahun 2010 Pasal 1 Ayat 18 tentang Tata Cara Penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasian Bendahara Umum Negara.

Republik Indonesia. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-02-16

How to Cite

Indah WT, N., Yudi, Y., & Mirdah, A. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SERAPAN ANGGARAN BELANJA OPD DI PROVINSI JAMBI TAHUN 2018-2019 DENGAN SILPA SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Jambi Accounting Review (JAR), 2(3), 295-309. https://doi.org/10.22437/jar.v2i3.17286

Most read articles by the same author(s)