Pengaruh Mekanisme Good Coorporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Dengan Manajemen Risiko Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Sub Sektor Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2021)

Authors

  • dewi fitriana sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • EDP Arum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Rahayu Rahayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jar.v4i1.24375

Keywords:

Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan, Manajemen Risiko

Abstract

Penelitian ini dilakukan  bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap kinerja keuangan dengan manajemen risiko sebagai variabel moderasi dengan studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bei periode 2019-2021. Adapun jumlah populasi penelitian ini adalah sub sektor perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia pada tahun 2019-2021. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan metode sampel jenuh, dimana semua populasi dijadikan sampel pada penelitian ini. Sehingga jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 46 perusahaan. Hipotesis dalam penelitian ini diuji melalui Outer Model dan Inner Model dengan bantuan software WarpPLS v 7.0. Kesimpulan pada hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh kepemilikan manajerial terhadap kinerja keuangan perbankan, kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perbankan, proporsi dewan komisaris independen berpengaruh terhadap kinera keuangan dan manajemen risiko tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Pada pemoderasi, manajemen risiko tidak mampu memoderasi hubungan antara kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, proporsi dewan komisaris independen terhadap kinerja keuangan perbankan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

fitriana sari, dewi, Arum, E., & Rahayu, R. (2024). Pengaruh Mekanisme Good Coorporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Dengan Manajemen Risiko Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Sub Sektor Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2021). Jambi Accounting Review (JAR), 4(1), 1-20. https://doi.org/10.22437/jar.v4i1.24375