PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PADA CV. BINTANG BUNGO FAJAR

Authors

  • Ayu Pitri R Alumni Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Wiralestari Wiralestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi - Indonesia
  • Rahayu Rahayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi - Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jar.v3i3.15649

Keywords:

Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja CV. Bintang Bungo Fajar apabila dilihat dari empat perspektif Balanced Scorecard. Data yang digunakan ini adalah data primer dan data sekunder. Uji validitas dan reabilitas menggunakan perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Alat ukur yang digunkan dalam penelitian ini adalah instrumen penelitian. Sampel pelanggan sebanyak 11 orang dan karyawan sebanyak 80 orang. Metode analisis menggunakan analisi laporan keuangan dan analisis kuesioner. 

Perspektif keuangan, dimana rasio ROA mengalami fluktuatif setiap tahunnya. Sedangkan TATO mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk Current Ratio juga mengalami fluktuatif setiap tahunnya. Perspektif pelanggan untuk retensi pelanggan mengalami peningkatan setiap tahunnya, akuisisi pelanggan mengalami fluktuatif terjadi penurunan pada tahun 2017, kepuasan pelanggan menunjukkan kategori baik/puas, pangsa pasar dalam penelitian ini tidak dapat diketahui. Perspektif proses bisnis internal melalui peroses inovasi, proses operasi, dan proses jasa pasca penjualan menghasilkan kategori baik/puas. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan peningkatan produktivitas karyawan dan retensi karyawan setiap tahunnya. Hal ini mempengaruhi peningkatan tingkat kepuasan karyawan selama tiga tahun yang menghasilkan kategori baik/puas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Hazairin Rizki. 2018. Penerapan Balanced Scorecrad Sebagai Alat Ukur Kinerja Manajemen Studi Kasus Pada PT. Anjungan Buana Wisata. Jambi: Skripsi UNJA.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta. Rineka Cipta

Atkinson, et al. 2012. Akuntansi Manajemen. PT INDEKS. Jakarta.

Fitriani, Dewi dkk. 2015 Praktik Good Corporate Governance Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Berdasarkan Berdasarkan Balance Scorecard Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). E-Conference In Businesss Accounting And Management (CBAM) Fakultas Ekonomi UNISSULSA. Vol 2 N0. 1 Mei 2015

Hansen dan Mowen, Maryanne M. 2009. Akuntansi Manajerial. Salemba Empat. Jakarta.

Gozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariant dengan Program IBM SPSS 21. Semarang.

Jusup, Haryono, 2000. Dasar-Dasar Akuntansi. Penerbit YKPN. Yogyakarta.

Kaplan RS, Norton DP, 2000. Balance Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Pasla PRY. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Moeheriono. 2012. Pengukuran KInerja Berbasis Kompetensi. Penerbit Erlangga. Jakarta..

Mulyadi. 2015. Balance Scorecard. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balance Scorecard. YKPN. Yogyakarta.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi Pengambilan Keputusan Strategi. Erlangga. Jakarta.

Yuwono, Sony dkk. 2006. Petunjuk Praktis Penyusunan Balance Scorecard Menuju Organisasi yang Berfokus Pada Strategi . Penerbit Pt Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. ALFABETA. Jakarta.

Suta, Purwanta, dan Dwiastuti. 2016. Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Balance Scorecard Pada Kantor Pusat PT. Bank Bangunan Daerah Bali . Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan. Vol.12 No.1, hal: 32-34.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Pitri R, A., Wiralestari, W., & Rahayu, R. (2023). PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PADA CV. BINTANG BUNGO FAJAR. Jambi Accounting Review (JAR), 3(3), 287-301. https://doi.org/10.22437/jar.v3i3.15649

Most read articles by the same author(s)